Tips Memilih Kasur untuk Bayi

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 16:25 WIB
Kasur Bayi
Kasur Bayi

Salah satu perlengkapan bayi yang wajib dibeli sebelum hari lahir adalah kasur. Tetapi, memilih kasur untuk bayi pastinya akan berbeda saat memilih kasur untuk orang dewasa. Hal ini dilakukan untuk kenyamanan dan kesehatan si kecil yang baru lahir.

Untuk kamu yang sebentar lagi menjadi orang tua, atau memiliki adik baru, berikut ini tips untuk memilih kasur bayi yang baru lahir.

1. Memakai Kasur yang Baru
Tips pertama adalah pastikan kasur bayi yang digunakan adalah baru dan bukan bekas dari kayak atau sodara. Karena kasur yang sudah dipakai bentuk dan teksturnya tidak lagi sempurna. Jika dipaksakan menggunakan kasur lama, akan membahayakan pertumbuhan tulang bayi

2. Pilih Kasur yang Multifungsi
Kedua, pilihlah kasur multifungsi yang dapat diubah menjadi tempat tidur tanpa bingkai. Tempat tidur bayi yang serbaguna ini bisa digunakan lebih lama sampai bayi bertumbuh besar.

Jika tinggi badan anak sudah lebih mencapai sembilan puluh sentimeter, jangan biarkan anak tidur di baby crib ranjang bayi. Sebab, postur tubuh anak sudah semakin tinggi dan ia bisa memanjat dan posisi kasur yang terlalu tinggi sehingga berisiko jatuh saat tidur. Disarankan untuk menggunakan kasur di lantai tanpa ranjang untuk meminimalisir risiko terjatuh saat tidur.

Baca Juga: Kasur Antivirus, Jadi Solusi untuk Menginap di Hotel era Pandemi

3. Jangan Memilih Kasur yang Terlalu Empuk
Ketika sedang memilih kasur, jangan memilih tekstur yang terlalu empuk. Lebih baik pilihlah kasur bayi dengan tingkat ketebalan antara 7-15 cm agar anak bisa tidur dengan nyaman. Jika kamu memilih kasur busa, cek juga kepadatannya. Pilih kasur busa yang lebih berat dan padat, dan juga jangan memilih kasur yang terlalu empuk. Kasur yang terlalu empuk akan membuat bayi bisa ‘tenggelam’ di dalamnya dan berisiko mengalami sindrom kematian mendadak (SIDS).

4. Lebih Baik Menggunakan Kasur Serat
Kalau kamu memilih untuk tidak menggunakan bayi di dalam boy, kamu bisa memilih jenis kasur berbentuk baby nest atau kasur serut.

Baby nest juga dilengkapi dengan tali jinjing sehingga mudah untuk dibawa dan dipindahkan sedang bepergian. Kasur ini juga dapat menyesuaikan dan mengikuti bentuk tubuh si kecil. Sehingga menjaga pertumbuhan tulang bayi.

5. Pilih Kasur dengan Bahan yang Mudah Dibersihkan
Agar memudahkan kasur untuk dibersihkan jika terkena kotoran, pilihlah kasur dengan bahan yang mudah dibersihkan. Kamu bisa memilih bahan polyester untuk memilih kasur bayi.

Sekian tips untuk memilih kasur bayi yang baru lahir. Semoga tips ini bermanfaat.

Baca Juga: Kutu Kasur Bikin Jengkel? Ini 5 Cara Membasminya

Editor: Nasfati Sabrina

Artikel Terkait

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X