Cara Memilih Kasur yang Tepat untuk Lansia

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 16:52 WIB
kasur untuk orang tua
kasur untuk orang tua

Pemilihan kasur untuk orang tua atau lansia tentunya harus benar-benar tepat. Hal ini karena punggung orang tua lebih sensitif dibandingkan dengan punggung orang dewasa atau anak-anak. Jika salah dalam memilih kasur, orang tua lebih cepat merasakan pegal hingga sakit sehingga membuat tidurnya menjadi tidak nyaman.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan saat memilih kasur untuk orang tua?

1. Cek Kondisi Kesehatan Orang Tua
Hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai anak yang berbakti adalah rutin mengecek kondisi kesehatan orang tua. Misalnya jika ternyata orang tua mu memiliki penyakit tulang seperti osteoporosis, rematik, atau rakitis pastinya membutuhkan jenis kasur tertentu. Selain itu, cek juga apakah orang tua memiliki penyakit susah tidur.

2. Pilih Jenis Kasur yang Cocok dengan Kondisi Orang Tua
Setelah mengecek kondisinya, berikut ini terdapat jenis-jenis kasur yang bisa kamu sesuaikan.

  • Kasur Innerspring
    Kasur innerspring memiliki matras yang mampu menopang tubuh dengan baik dan mengurangi rasa sakit pada punggung. Kasur innerspring bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, ketebalan, keempukan, dan pegasnya bisa disesuaikan dengan kondisi kesehatan lansia.
  • Kasur Busa Foam
    Jika orang tua yang mengidap osteoporosis atau penyakit tulang lainnya, kamu bisa memilih kasur busa foam. Kasurnya busa foam memiliki berbagai fitur yang menarik bagi para lansia di atas umur 50 tahun. Selain itu, matras kasur busa bisa mendistribusikan berat badan secara merata. Sehingga menjaga tulang agar tidak gampang sakit dan pegal.
  • Kasur Latex
    Selanjutnya jenis kasur yang cocok untuk mereka selanjutnya adalah kasur latex. Kasur latex sangat baik untuk lansia karena tidak menyebarkan panas. Sehingga, kasur ini sangat cocok bagi para orang tua yang sering merasa gerah yang disebabkan oleh penyakit jantung.

Baca Juga: Berdampak Buruk pada Kesehatan, Hindari Posisi Tidur Miring Kanan dan Tengkurap

3. Pastikan Membeli Kasur dengan Ukuran yang Tepat
Saat masih remaja atau dewasa, kamu pasti lebih mudah untuk berpindah posisi ketika sedang tidur. Namun hal ini tidak mudah bagi orang tua dan lansia. Sehingga, orang tua lebih baik menggunakan kasur yang lebih kecil atau ukuran untuk 1 orang (Single). Kasur yang terlalu besar akan sulit bagi mereka untuk naik ke ata kasur.

4. Pilih Kasur dengan Sirkulasi Udara dan Pegas Terbaik
Terakhir, cara memilih kasur untuk lansia ini berhubungan dengan ketahanan matras. Kelembaban yang tinggi pada kasur dapat membuatnya cepat berjamur. Jamur yang tumbuh pada permukaan kasur bisa menempel di kulit dan menyebabkan rasa gatal-gatal.

Maka dari itu, pilih kasur dengan pegas bonnell dan high density. Walau berat, tetapi kasur dengan pegas bonnel memiliki sirkulasi udara yang baik.

Demikian cara memilih kasur untuk orang tua. Semoga kalian bisa memilih kasur terbaik agar orang tua bisa nyaman saat tidur.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Bau di Kasur Tanpa Harus Mencuci

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: 99.co

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awas! Ini Bahaya Jika Sering Kirim Foto Lewat HP

Rabu, 8 Desember 2021 | 02:05 WIB

Fitur Baru TikTok Ini Sudah Bisa Dipakai di Indonesia

Selasa, 7 Desember 2021 | 23:15 WIB

10 Penyebab Utama Kulit Kusam yang Wajib Anda Ketahui

Selasa, 7 Desember 2021 | 23:13 WIB

9 Cara Mudah Atasi Wajah Kusam, Ampuh Cerahkan Kulit

Selasa, 7 Desember 2021 | 22:42 WIB

Mengenali Penyebab dan Resiko Terjadinya Kanker Mulut

Selasa, 7 Desember 2021 | 02:45 WIB

Kabar Duka! Anak Tino Karno Meninggal

Selasa, 7 Desember 2021 | 00:54 WIB

10 Ide Kado Bermakna dan Unik di Hari Natal 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 21:09 WIB
X