Cara Mudah Membersihkan Noda Kasur

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:24 WIB
cara membersihkan noda kasur
cara membersihkan noda kasur

Kasur yang bersih tentunya akan membuat kualitas tidur menjadi baik. Selain itu, kasur dengan keadaan yang bersih akan terhindar dari kuman atau kotoran lain yang bisa menyebabkan penyakit. Maka dari itu, kamu harus sering membersihkan kasur agar terbebas dari kuman dan penyakit.

Namun karena ukurannya yang besar dan lebar, biasanya orang suka malas untuk membersihkannya dan hanya mengganti spreinya saja. Padahal, jika kotoran mengendap di dalam kasur akan menimbulkan kutu kasur dan dapat menyerang kulitmu.

Nah bagi kamu yang masih kesulitan untuk membersihkan kasur, berikut ini terdapat cara mudah membersihkan kasur dari noda-noda dan kotoran.

1. Gunakan Vakum
Pertama adalah, gunakan vakum untuk menyedot kotoran, debu, dan binatang-binatang kecil yang menempel di kasur. Kekuatan sedot yang tinggi akan memudahkan kamu untuk membersihkan kasur dengan cepat.

2. Jika Ada Bau, Gunakan Soda Kue
Jika kasur mu tercium bau tidak sedap akibat ompol anak atau ketumpahan makan atau minuman. Kamu bisa menggunakan soda kue untuk menghilangkan baunya. Caranya adalah taburkan soda kue di area kasur yang tercium bau, lalu gosok secara perlahan. Diamkan selama kurang lebih setengah jam lalu sedot menggunakan vakum.

Baca Juga: Cara Merawat Kasur Busa Agar Tetap Nyaman Dipakai

3. Gunakan Larutan Pembersih
Ketiga adalah, semprot dan gosok kasur menggunakan larutan pembersih. Caranya sangat mudah, campurkan 1 cangkir air hangat dan 1 sendok teh sabun cuci. Kamu bisa menggunakan sabun cuci piring atau baju. Lalu, oleskan sabun di permukaan kasur dan diamkan sebentar. Selanjutnya, gosok menggunakan spons atau handuk basah dan keringkan dengan cara diangin-anginkan. Perlu diperhatikan, jangan menggunakan sikat saat menggosoknya. Karena akan membuat permukaannya rusak dan cepat robek.

4. Gunakan Lemon untuk Membersihkan Noda Darah
Jika terdapat noda darah yang menempel di kasur, kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan lemon. Caranya yaitu campurkan air perasan lemon dan garam. Jika sudah tercampur, oleskan pada noda, dan diamkan selama 30-60 menit.
Setelah itu, bersihkan dengan penyedot debu atau vacuum dan gunakan spons basah untuk membilas larutan ini.

5. Gunakan Campuran Soda Kue, Sabun Cuci Piring, dan Hidrogen Peroksida
Jika anak mu ngompol dan meninggalkan urin di kasur, cara menghilangkannya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan soda kue, 1 sendok teh sabun cuci piring, dan 1 cangkir hidrogen peroksida 3%. Namun sebelum mengoleskan campuran tersebut, pastikan noda urin sudah di lap menggunakan handuk bersih.


Baca Juga: Tips Memilih Kasur untuk Bayi

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Mudah Memastikan Anak Makan Cukup Serat

Sabtu, 27 November 2021 | 06:53 WIB

Ketahui 5 Tanda Tanaman Kekurangan Air

Jumat, 26 November 2021 | 15:10 WIB

Selain PNS, 10 Pekerjaan Ini Bakal Diganti Robot

Jumat, 26 November 2021 | 10:10 WIB

5 Ciri Pensil Alis Kedaluwarsa, Jangan Gunakan Lagi

Kamis, 25 November 2021 | 23:09 WIB
X