Kenali Penyebab Haid Tidak Teratur dan Simak Tips Agar Tetap Lancar

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 19:14 WIB
Ilustrasi menstruasi (shutterstock)
Ilustrasi menstruasi (shutterstock)

HARIANHALUAN.COM – Siklus menstruasi  atau  haid seorang wanita rata-rata berlangsung selama 28 hari. Meski begitu, normal jika siklusnya lebih pendek atau sedikit lebih lama. Setelah melewati masa pubertas, siklus menstruasi akan semakin teratur dalam jangka waktu yang sama.

Jangan abaikan siklus menstruasi yang tidak teratur karena kondisi ini bisa menjadi pertanda suatu penyakit. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur di antaranya sindrom ovarium polikistik (PCOS), masalah tiroid, endometriosis, kelebihan berat badan, diet ekstrem, olahraga berlebihan sampai stres.

Namun, kamu harus was-was kalau siklus menstruasi tidak teratur setiap bulannya. Sebab bisa saja kondisi ini menandai adanya masalah kesehatan. Nah, ada banyak faktor yang bisa membuat siklus menstruasi wanita tidak teratur.

Hal ini bisa disebabkan oleh kondisi biasa sampai kondisi yang lebih serius. Supaya kamu lebih waspada, ketahui berbagai penyebab siklus menstruasi tidak teratur berikut ini.

Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur

Terlewatnya menstruasi atau menstruasi yang tidak teratur umumnya dialami oleh ibu hamil, ibu menyusui, wanita yang menggunakan KB dan wanita yang sudah mendekati masa menopause.

Jika kamu sedang tidak ada dalam situasi tersebut, berikut penyebab menstruasi tidak teratur yang mesti kamu waspadai:

1. Sindrom Ovarium Polikistik

Menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi salah satu tanda sindrom ovarium polikistik atau PCOS. Selain menstruasi yang tidak teratur, PCOS juga ditandai dengan pendarahan hebat saat menstruasi.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Halodoc.com

Tags

Terkini

Begini Cara Mudah Memastikan Anak Makan Cukup Serat

Sabtu, 27 November 2021 | 06:53 WIB

Ketahui 5 Tanda Tanaman Kekurangan Air

Jumat, 26 November 2021 | 15:10 WIB
X