71 Ucapan Hari Sumpah Pemuda, serta Perkataan Inspiratif Tokoh Populer

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 13:13 WIB
Ilustrasi persatuan Sumpah Pemuda
Ilustrasi persatuan Sumpah Pemuda

Setiap tanggal 28 Oktober, masyarakat Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Tujuannya adalah mengenang dan menghargai perjuangan para pahlawan saat Kongres Pemuda II yang membentuk adanya Sumpah Pemuda.

Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928 tersebut, telah berhasil menyatukan kepercayaan pemuda pemudi dari berbagai latar belakang daerah, suku, dan agama. Dengan rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi, pemuda pemudi Indonesia mampu membangkitkan rasa nasionalisme dan kebangsaan.

Untuk memperingati ikrar itulah, Presiden Soekarno menetapkan tanggal 28 Oktober sebagai Hari Sumpah Pemuda. Fungsi peringatan tersebut antara lain memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air bagi rakyat Indonesia. Meski begitu, Sumpah Pemuda semestinya tidak hanya diperingati setahun sekali tapi juga setiap hari sepanjang kehidupan generasi muda bangsa Indonesia.

Salah satu cara memperingati Hari Sumpah Pemuda adalah saling menyemangati agar kobaran api persatuan di hati rakyat tetap menyala, misal membagikan quotes atau kata-kata penyemangat.

Berikut ini quotes atau perkataan tokoh berpengaruh di Indonesia yang menginspirasi dan bisa kamu bagikan melalui berbagai media sosial:

Perkataan Soekarno

1. Kemerdekaan barulah kemerdekaan sejati, jikalau dengan kemerdekaan itu kita menemukan kepribadian kita sendiri.

2. Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.

3. Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Begini Cara Mudah Memastikan Anak Makan Cukup Serat

Sabtu, 27 November 2021 | 06:53 WIB
X