Kenali Istilah Burnout, Kondisi yang Sering Dialami Pekerja

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 08:07 WIB
Burnout
Burnout

Ketika banyak pekerjaan kantor yang menumpuk yang tidak kunjung usai, kamu mungkin bisa saja mengalami kelelahan, putus asa, hingga mengalami stress.

Jika sudah mengalami hal tersebut, mungkin saja kamu sedang mengalami burnout dalam pekerjaan.

Tapi apa itu burnout?

Pengertian Burnout
Burnout adalah kondisi seseorang yang mengalami kelelahan secara emosional, fisik dan mental akibat stress yang berlebihan dan berkepanjangan. Saat seseorang mengalami burnout akan membuatnya menjadi kewalahan, sangat lelah secara emosional, dan tidak mampu untuk menyelesaikan pekerjaan. Kondisi burnout bisa menyebabkan seseorang menjadi kehilangan minat dan motivasi pada semua hal.

Selain itu, kondisi burnout juga akan membuat seseorang menjadi sinus dalam memandang hidup hingga merasa dirinya tidak bisa melakukan apa-apa.

Baca Juga: Tips Manajemen Waktu untuk Mencegah Burnout Saat WFH

Jika kondisi ini terus dibiarkan, tentunya akan mengganggu ke berbagai hal seperti kehidupan pribadi di rumah. Misalnya ketika kamu sedang burnout, kamu bisa saja marah-marah ke semua orang di rumah. Selain masalah pribadi di rumah, burnout juga bisa mengganggu hubungan dengan orang sekitar.

Sehingga kondisi burnout akan merusak kesehatan mental dan lama-lama akan membuat kesehatan fisik juga ikut terganggu seperti rentan terkena penyakit jantung dan diabetes.

Biasanya kondisi burnout tidak terjadi secara begitu saja, karena orang-orang yang mengalami burnout tentunya sudah melewati masa-masa sulit yang tidak bisa mereka hindari.

Kondisi burnout menjadi sebuah kondisi yang wajar dan dapat dirasakan oleh semua orang. Selain masalah kerjaan, tentunya banyak hal juga yang bisa membuat seseorang mengalami burnout.

Sebagai seorang pekerja yang selalu dikejar dengan deadline, burnout sangat sering terjadi oleh mereka. Maka dari itu, agar hal ini tidak terjadi pada kamu yang sedang bekerja cukupkanlah istirahat dan selalu konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Jika sudah merasa lelah dan stres, berhentilah sejenak dari pekerjaanmu dan lakukan hal-hal yang bisa membuatmu menjadi santai seperti melihat pepohonan, mendengarkan lagu, atau mengobrol dengan rekan kerjamu.

Baca Juga: Tips Penting Untuk Kalian Yang Masih WFH, Dari Mengatasi Sakit Pinggang Sampai Burnout

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketahui 5 Tanda Tanaman Kekurangan Air

Jumat, 26 November 2021 | 15:10 WIB

Selain PNS, 10 Pekerjaan Ini Bakal Diganti Robot

Jumat, 26 November 2021 | 10:10 WIB

5 Ciri Pensil Alis Kedaluwarsa, Jangan Gunakan Lagi

Kamis, 25 November 2021 | 23:09 WIB

Mengenal 3 Jenis Pensil Alis Gel, Catat Perbedaannya

Kamis, 25 November 2021 | 22:21 WIB

Simak Daftar Harga Paket Data Indosat November 2021

Kamis, 25 November 2021 | 18:35 WIB
X