Waw! Jepang Mulai Uji Coba Motor Terbang, Indonesia Kapan Nyusul?

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 02:30 WIB
Motor terbang Xturismo.  (Foto: Ali Technologies via TechEBlog)
Motor terbang Xturismo. (Foto: Ali Technologies via TechEBlog)

HARIANHALUAN.COM - Beberapa tahun lalu mungkin kita hanya bisa melihat atau membayangkan kecanggihan motor dan mobil terbang di dalam film-film Sci-fi. Namun, dengan teknologi saat ini yang semakin mumpuni, kendaraan terbang pun sangat pesat pengembangannya.

Terbaru, startup drone asal Jepang, ALI Technologies, baru saja menguji coba motor terbang buatannya mengudara di sirkuit kosong di dekat Gunung Fuji.

Sepeda motor terbang yang dinamai Xturismo tersebut mampu melaju sampai 100 kilometer per jam di udara. Sedangkan durasi penerbangannya bisa mencapai 40 menit.

Kendaraan canggih nan futuristik ini rencananya akan dijual mulai awal tahun depan dengan produksi terbatas sejumlah 200 unit seharga USD 682 ribu atau sekitar Rp 9.7 Miliar.

Saat pelaksanaan uji coba yang disaksikan sejumlah warga, motor terbang Xturismo berputar-putar selama satu setengah menit di udara.

Baca Juga: Intip Harga Mobil Terbang Buatan China yang Sudah Mendarat di Indonesia

"Kami ingin menunjukkan gaya hidup baru dengan kendaraan yang bisa melayang ini," ujar CEO Ali Technologies, Daisuke Katano, seperti dikutip dari Teknologi.id, Rabu (27/10/2021).

Menengok dapur pacunya, Xturismo ditenagai oleh mesin pembakaran internal dan mengudara dengan bantuan dua baling-baling utama serta empat baling-baling tambahan untuk menjaga keseimbangannya.

Namun di balik kegaharan Xturismo, nyatanya ada satu kekurangannya, yaitu suara berisik yang ditimbulkan sehingga sepertinya pengendara perlu mengenakan pelindung telinga ketika mengendarainya.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: teknologi.id

Tags

Terkini

Doyan Minum Kopi? Awas Penyakit Ini Menyerang

Senin, 23 Mei 2022 | 11:02 WIB
X