Benarkah Minum Air Lemon Berbahaya bagi Ginjal?

Heldi Satria
- Kamis, 28 Oktober 2021 | 04:45 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 

HARIANHALUAN.COM - Air lemon merupakan minuman menyegarkan yang menjadi favorit banyak orang. Ada banyak kekhawatiran tentang apa yang harus dimakan dan diminum oleh pasien ginjal dan apa yang harus mereka hindari.

Banyak dokter mengatakan bahwa mereka sering ditanya oleh pasien ginjal apakah air lemon baik untuk mereka. Ginjal kita melakukan fungsi mengeluarkan racun dan limbah dalam darah.

Ginjal juga berperan dalam mengontrol tekanan darah, mengatur kesehatan tulang dan menjaga kadar zat kimia seperti kreatinin dan asam urat.

Berikut Ini, Termasuk Kerusakan Ginjal Penyakit ginjal kronis adalah ketika ginjal Anda tidak dapat menyaring darah Anda, yang berarti racun dan produk limbah menumpuk di dalam darah.

Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berbahaya seperti stroke dan penyakit jantung. Minum air lemon yang kaya vitamin C, antioksidan dan asam sitrat tidak memiliki risiko bagi pasien penyakit ginjal kronis.

Baca Juga: Manfaat Air Lemon Dicampur Garam Hitam, Cegah Penyakit Kulit Hingga Osteoporosis

Mengkonsumsi air lemon dapat memiliki efek minimal dalam mengurangi kadar kreatinin, tetapi tidak akan berkontribusi pada pertumbuhannya. Kreatinin adalah produk kimia limbah, yang merupakan produk sampingan dari keausan otot kita. Semakin banyak otot yang dimiliki seseorang, semakin banyak kreatinin yang ada dalam darah.

Volume kreatinin yang dibersihkan oleh ginjal dikenal sebagai klirens kreatinin. Pada orang sehat, kreatinin berkisar antara 95 ml per menit untuk wanita dan sekitar 120 ml untuk pria. Klirens kreatinin juga tergantung pada usia, ukuran dan kondisi ginjal.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Bisnis.com

Tags

Terkini

Begini Cara Mudah Memastikan Anak Makan Cukup Serat

Sabtu, 27 November 2021 | 06:53 WIB

Ketahui 5 Tanda Tanaman Kekurangan Air

Jumat, 26 November 2021 | 15:10 WIB

Selain PNS, 10 Pekerjaan Ini Bakal Diganti Robot

Jumat, 26 November 2021 | 10:10 WIB

5 Ciri Pensil Alis Kedaluwarsa, Jangan Gunakan Lagi

Kamis, 25 November 2021 | 23:09 WIB

Mengenal 3 Jenis Pensil Alis Gel, Catat Perbedaannya

Kamis, 25 November 2021 | 22:21 WIB

Simak Daftar Harga Paket Data Indosat November 2021

Kamis, 25 November 2021 | 18:35 WIB
X