Sedang Merasa Burnout? Berikut Cara Mengatasinya!

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 00:19 WIB
Burnout
Burnout

Apa itu burnout?

Burnout adalah kondisi di mana seseorang tidak memiliki motivasi untuk menyelesaikan tanggung jawabnya, lelah secara emosional, hingga mengalami stress. Burnout bisa disebabkan karena banyaknya pekerjaan yang menumpuk setiap hari sehingga kurangnya waktu istirahat, mengerjakan pekerjaan di waktu libur, terlalu sering mendapatkan masalah, dan masih banyak hal lagi.

Seseorang yang sedang mengalami burnout akan mengganggu kesehatan mental dan juga fisiknya. Maka dari itu, terdapat cara untuk mengatasi masalah burnout yang sudah cukup mengganggu.

1. Sempatkanlah Berolahraga
Walau dalam sehari kamu memiliki tugas yang cukup banyak, jangan lupa untuk sempatkan waktu berolahraga. Atau sebelum memulai pekerjaan, kamu bisa mengawalinya dengan berolahraga di pagi hari sambil melihat pemandangan luar. Dengan begini, otak mu akan lebih fresh dan bersiap untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

2. Selalu Makan Makanan Bergizi
Jangan lupa untuk selalu makan makanan yang bergizi. Karena jika tubuh kekurangan gizi dan vitamin, kamu akan gampang terkena penyakit dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, cara ini bisa membuat kamu selalu memiliki tenaga untuk melakukan rutinitas.

Baca Juga: Tips Manajemen Waktu untuk Mencegah Burnout Saat WFH

3. Istirahat yang Cukup
Selalu sempatkan untuk beristirahat. Istirahat tidak hanya bermanfaat bagi tubuh. Namun juga sangat baik untuk otak agar tidak cepat lelah dan stress.

4. Jangan Sungkan untuk Meminta Bantuan
Jika terlalu banyak pekerjaan yang sulit, jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain. Karena dengan mengatasi secara bersama-sama, tentunya beban yang dipikul juga akan semakin ringan.

5. Ceritakan Masalahmu ke Orang Terdekat atau Tenaga Ahli
Jika burnout sudah mengganggu dan dapat menimbulkan sebuah masalah, jangan ragu untuk menceritakan masalah yang sedang kamu hadapi. Kamu bisa menceritakan hal ini kepada keluarga, orang tua, teman, atau ke tenaga ahli khusus kesehatan mental. Sehingga, kamu bisa mendapatkan jawaban dari sudut pandang yang berbeda dan kamu tidak terbebani akibat memikirkan sendiri cara menyelesaikannya.

Sekian cara untuk mengatasi burnout. Semoga artikel ini dapat membantu!

Baca Juga: Tips Penting Untuk Kalian Yang Masih WFH, Dari Mengatasi Sakit Pinggang Sampai Burnout

 

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Manfaat Rutin Minum Infused Water Timun

Minggu, 28 November 2021 | 18:07 WIB

Tips Hilangkan Bau Busuk Saluran Air di Bak Cuci Piring

Minggu, 28 November 2021 | 09:10 WIB

Ajaib! Tumbuhan Ini Bisa Hasilkan Emas

Minggu, 28 November 2021 | 08:53 WIB

Google Mata-matai Anda 24 Jam, Berikut Cara Hentikannya

Minggu, 28 November 2021 | 07:32 WIB
X