Ini 5 Perayaan Halloween di Indonesia yang Sering Ditemui

Milna Miana
- Sabtu, 30 Oktober 2021 | 16:45 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tanggal 31 Oktober identik dengan perayaan Halloween. Halloween sendiri merupakan festival dari bangsa Celtic, di Inggris kuno dan Irlandia yang bernama Samhain. Festival ini adalah bagian dari tradisi umat Kristen untuk mengenang kembali orang-orang suci, santo dan santa, martir, dan mendiang umat-umat beriman yang telah tiada. Sebagai salah satu hari libur tertua di dunia dengan sejarah ratusan tahun, saat ini Halloween lebih dari sekadar festival ritual keagamaan, tetapi hari bagi orang-orang untuk menghormati mereka yang telah meninggal, dan mengingatkan diri sendiri untuk lebih menghargai dan menikmati hidup.

Meskipun berasal dari Irlandia, dengan tren globalisasi budaya, Halloween telah menjadi festival populer yang dirayakan secara luas saat ini di seluruh dunia, termasuk negara dengan budaya Muslim seperti Indonesia. Orang-orang merayakannya dan menganggapnya sebagai kesempatan untuk memeriahkan rutinitas harian yang membosankan dengan elemen eksotis yang menyenangkan dengan mengenakan kostum unik atau menakutkan untuk bersenang-senang. Suasana festival dapat dirasakan ketika berbagai dekorasi Halloween mulai dipajang di tempat-tempat umum. Berikut beberapa perayaan Halloween di Indonesia yang mungkin sering kamu temui:

1. Lomba kostum Halloween

Perayaan festival Halloween mungkin menjadi salah satu festival yang paling ditunggu oleh kawula muda di Indonesia. Di tanggal 31 Oktober setiap tahunnya, banyak dari perkumpulan anak muda yang mengadakan acara dengan lomba kostum Halloween. Tidak heran, jika banyak dari mereka yang berdandan ekstra untuk dapat memenangkan lomba ini. Bahkan para make-up artist juga turut kebanjiran job untuk mendandani para anak muda ini dengan make-up yang unik dan seram untuk memaksimalkan tampilannya. Wah, jadi memberikan keuntungan untuk banyak orang ya!

2. Dekorasi bertema Halloween di pusat perbelanjaan dan cafe

Jika berkunjung ke pusat perbelanjaan maupun cafe di kota-kota besar di Indonesia pada bulan Oktober, pasti kita akan disuguhkan berbagai ornamen dekorasi bertemakan Halloween. Mulai dari lampion berbentuk labu, patung tengkorak, hingga menu makanan dan minuman dengan tampilan unik nan menyeramkan.

3. Pertunjukkan rumah hantu kian diminati

Bagi kamu yang ingin menguji adrenalin, kamu bisa merayakan Halloween dengan mendatangi pertunjukkan rumah hantu yang diadakan oleh beberapa vendor. Dengan adanya pandemi yang terjadi, pertunjukkan rumah hantu kali ini sedikit berbeda. Jika sebelumnya, kamu dan sekelompok temanmu dapat mengelilingi rumah hantunya sambil berjalan kaki, kali ini kamu bisa sambil duduk manis di dalam mobil. Ya, kini pertunjukan yang diadakan di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Timur ini diadakan dengan konsep drive thru. Meskipun seru dan menyenangkan, bagi kamu yang menyetir tetap harus berhati-hati ya.

4. Pemutaran film horor di bioskop

Masih dalam perayaan festival Halloween, bioskop di Indonesia biasanya memutar beberapa film bertemakan Halloween. Begitu juga dengan tahun ini di mana kini bioskop mulai kembali aktif beroperasi dan menyajikan berbagai pilihan film bergenre horor maupun thriller.

5. Halloween challenge di media sosial

Dengan berkembangnya berbagai tren di media sosial, khususnya pembuatan konten video pendek, tidak heran jika saat ini banyak orang yang membagikan keseruan aktivitasnya melalui media sosial. Tidak terkecuali Halloween.

Bagi kamu yang tidak mau ketinggalan momen Halloween dan ingin membagikan kreasi tampilan Halloween terbaikmu. Kamu bisa mencoba untuk membuat konten video pendek dan membagikannya di Likee. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X