4 Jenis Olahraga untuk Turunkan Kadar Kolesterol

- Jumat, 5 November 2021 | 22:39 WIB
Olahraga Ketika Musim Hujan
Olahraga Ketika Musim Hujan

Kadar kolesterol LDL yang tinggi tentunya dapat merusak arteri serta meningkatkan risiko terhadap penyakit seperti penyakit jantung, stroke dan penyumbatan arteri. Agar dapat menurunkan kadar kolesterol, salah satu caranya dengan berolahraga.

Namun apakah ada olahraga yang dapat menurunkan kadar kolesterol? Jawabannya adalah ada! Bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, berikut ini terdapat 4 jenis olahraga yang bisa kamu lakukan.

1. Jogging
Mulailah dengan berjalan santai di sekitar blok, lalu berjalan lebih jauh, lalu jogging lambat. Dengan ini, tidak hanya kolesterol yang turun, tekanan darah pun akan ikut turun.

Pastikan bahwa kamu jogging dengan kecepatan yang stabil, tidak terlalu cepat, ataupun terlalu lambat. Sebab dengan berlari dengan kecepatan yang tinggi justru akan berisiko tinggi.

Baca Juga: Awas, Makan Udang Berlebihan Bisa Bikin Kolesterol hingga Asam Urat

2. Bersepeda
Perlu kamu tahu, dengan bersepeda secara rutin rupanya dapat membakar kalori yang sama besarnya dengan kalori yang dibakar saat melakukan jogging.

Bedanya, bersepeda lebih ringan untuk lutut kita. Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah menemukan sepeda berukuran tepat dan nyaman. Selain itu, bersepeda dapat meningkatkan kadar kolesterol sehat dalam tubuh.

3. Berenang
Ketiga adalah berenang. Dengan berenang ternyata dapat terbukti ampuh untuk mengatasi masalah kolesterol dengan efektif. Ketika melakukan beberapa putaran di kolam renang, secara tidak langsung kamu akan melatih seluruh bagian tubuh, dan kamu melakukannya dengan cara yang terasa terapeutik.

Berenang juga sangat bagus untuk kesehatan jantung secara keseluruhan loh, membuatnya mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Yoga
Olahraga terakhir untuk menurunkan kolesterol adalah yoga. Yoga sangat cocok bagi kamu yang tidak tertarik melakukan olahraga kardio.

Tetapi perlu diperhatikan, untuk mendapatkan manfaat kardiovaskular dari yoga, kamu perlu meningkatkan detak jantung.

Selain itu, yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas dengan melatih otot fisik dan mental, membuat kualitas tidur meningkat, yang mengarah pada perbaikan kebiasaan gaya hidup lainnya.
Baca Juga: 4 Olahraga Ini Bisa Bikin Kamu Punya Badan Berotot

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Kompas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Salat Hajat: Niat, Cara, Waktu dan Doanya

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:43 WIB

Niat, Tata Cara dan Doa Salat Hajat

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:29 WIB

Makanan Ini Wajib Dihindari saat Pandemi Covid-19

Senin, 17 Januari 2022 | 08:55 WIB

Sony Batal Suntik Mati PS4 Karena PlayStation 5 Langka

Minggu, 16 Januari 2022 | 18:15 WIB

Biar Ada Manfaat, Mandi pun Ada Caranya, Yuk Simak!

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:40 WIB
X