Manfaat Jus Wortel yang Baik untuk Kesehatan

- Selasa, 9 November 2021 | 18:58 WIB
jus wortel
jus wortel

Selain diolah menjadi masakan, wortel juga dapat dibuat menjadi jus loh. Dengan dibuat jus, banyak sekali manfaat dari jus wortel yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jus wortel diperkaya akan vitamin dan nutrisi yang penting bagi tubuh manusia. Minuman sehat ini sudah lama dikenal mampu menjaga kesehatan mata karena kaya vitamin A. Jus wortel juga memiliki senyawa antioksidan, mineral, serat, kalium, vitamin K, filat, mangan, fosfor, magnesium, serta vitamin E yang dapat menyehatkan kulit.

Berikut ini terdapat 5 manfaat mengkonsumsi jus wortel secara rutin.

1. Mencegah Kanker
Jus wortel memiliki warna oranye dan mengandung antioksidan yang berfungsi untuk melindungi seseorang dari serangan kanker. Kandungan karoten dalam minuman ini juga memiliki sifat anti-kanker. Sehingga dengan mengkonsumsi jus wortel secara rutin dapat mencegah berbagai risiko kanker, seperti kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker prostat.

Untuk membuat jus wortel pun cukup mudah. Kamu hanya tinggal mencuci dan membersihkan kulit wortel hingga dagingnya terlihat bersih. Selanjutnya, potong wortel kecil-kecil, dan taruh ke dalam blender. Lalu, tambahkan air secukupnya dan haluskan wortel hingga menjadi jus.

2. Berguna untuk Menurunkan Mata Minus
Seseorang yang kekurangan vitamin A dapat mengalami xerophthalmia, yaitu penyakit mata progresif yang dapat merusak penglihatan normal serta mengakibatkan kebutaan, atau tidak mampu melihat dalam cahaya rendah atau gelap. Untuk mendapatkan kandungan vitamin A yang cukup, kamu bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi jus wortel secara rutin.

Jus wortel memiliki kandungan vitamin A tinggi yang mampu menjaga kesehatan mata dan mencegah mata minus atau rabun jauh. Selain itu, jus wortel juga memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin, yakni antioksidan alami yang mampu melindungi retina dan lensa mata.

Baca Juga: Ini Dia Ciri-Ciri Mata Minus yang Harus Kamu Waspadai

3. Menurunkan Darah Tinggi dan Mengontrol Diabetes
Ketiga, manfaat dari mengkonsumsi jus wortel adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrol diabetes. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya jangan menambahkan terlalu banyak gula saat membuat jus wortel.

4. Menjaga Kesehatan Kulit
Selain berfungsi untuk mata, jus wortel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C yang terkandung di dalamnya ini bermanfaat untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mengkonsumsinya secara rutin setiap hari agar mendapatkan kulit yang lebih lembut dan sehat. Selain diminum, jus wortel ini bisa kamu olah lagi menjadi masker yang dapat digunakan sebelum tidur di malam hari.

5. Meminimalisir Penyakit Jantung
Terakhir, jus wortel memiliki kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten yang mampu untuk menjaga kesehatan jantung karena. Dengan begitu, jus wortel bisa sebagai minuman yang dapat mencegah risiko terhadap penyakit jantung dan kardiovaskular. Kandungan yang terdapat dalam jus wortel itu bermanfaat untuk melindungi tubuh dari sel-sel kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah yang tinggi, serta memperlambat penuaan dini.

Baca Juga: Harga Wortel Naik 2 Kali Lipat

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: bola.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sederet Manfaat Minum Matcha, Nomor 5 di Luar Dugaan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:20 WIB

Keren Nih, Helm Retro Modern Dirgahayu RI ke-77

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:42 WIB

Membunuh Scabies dengan Garam, Apakah Efektif?

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:04 WIB
X