Dokter Wawan: Gaya Hidup Sehat Tingkatkan Imunitas Tubuh Saat Pandemi

Milna Miana
- Kamis, 11 November 2021 | 17:35 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Agar dapat hidup berdampingan COVID-19, seluruh masyarakat Indonesia harus terus menumbuhkan gaya hidup sehat yang dibarengi dengan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan serta melindungi diri dengan vaksinasi. Kombinasi ini akan sangat berperan penting untuk meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh masyarakat dalam menghadapi ancaman COVID-19 yang masih ada.

Pemerintah terus mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai terjadinya lonjakan kasus, walaupun kondisi pandemi sudah terkendali. COVID-19 masih beredar di sekitar kita dan risiko penularan selalu ada, terlebih dengan adanya potensi peningkatan mobilitas pada libur Natal dan Tahun Baru mendatang.

Baca Juga: 7 Pola Hidup Sehat untuk Tingkatkan Fungsi Jantung

Guna mencegah lonjakan kasus, masyarakat diminta untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan bijak dalam bermobilitas. Selain itu, masyarakat juga diharapkan dapat mempercepat vaksinasi untuk menekan risiko kesehatan jika terpapar COVID-19. Selain itu, menjaga hidup sehat juga diperlukan supaya imunitas tubuh maksimal dan tidak mudah sakit.

Penyakit yang diakibatkan oleh wabah seperti COVID-19 adalah self-limiting disease atau penyakit yang dapat sembuh sendiri dengan imunitas tubuh yang baik. Dengan demikian, salah satu kunci utama untuk mengalahkan COVID-19 adalah dengan senantiasa menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Baca Juga: 6 Jurus Hidup Sehat yang Wajib Anda Terapkan di Masa Pandemi, Nomor 3 Sering Diabaikan

“Seharusnya memang akan sembuh sendiri kalau daya tahan tubuh kita kuat,” ujar Dokter Wawan Mulyawan.

Meski begitu, Wawan mengingatkan bahwa COVID-19 bisa menyebabkan berbagai gejala berat yang bergantung pada kondisi dan daya tahan tubuh masing-masing. Orang dengan daya tahan tubuh yang lemah akan lebih berpotensi mengalami gejala berat, sedangkan orang dengan gaya imunitas tinggi seperti atlet bisa sembuh lebih cepat dan terhindar dari kematian.

Oleh karena itu, Wawan mengingatkan bahwa upaya menjaga daya tahan dan imunitas tubuh sangat penting. Hal itu bisa dilakukan dengan cara menjaga kebiasaan gaya hidup sehat. Orang dengan kondisi fisik prima akan lebih kuat melawan COVID-19 dibandingkan orang yang memiliki masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes yang erat kaitannya dengan gaya hidup yang kurang sehat.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X