Deretan 5 Kopi Asli Indonesia yang Terkenal di Dunia

- Jumat, 12 November 2021 | 18:55 WIB
5 Kopi terbaik dari Indonesia
5 Kopi terbaik dari Indonesia

Kopi menjadi salah satu minuman favorit yang cukup digemari oleh semua kalangan. Dengan banyaknya orang yang menyukai kopi, banyak sekali kedai kopi yang bermunculan mulai dari harga yang murah hingga yang cukup mahal.

Rasa yang dikeluarkan dari kopi sangat bergantung kepada kualitas biji kopi dan bagaimana cara mengolahnya. Karena untuk menanam biji kopi sendiri, tidak semua tanah bisa menjadi media tanam yang cocok untuk pertumbuhan kopi.

Untuk mendapatkan biji kopi dengan kualitas yang baik, akan lebih baik jika kopi ditanam di daerah tropis. Dan negara dengan daerah tropis terbanyak adalah di Indonesia. Itulah sebabnya mengapa Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia.

Tapi apakah kamu tahu kopi apa saja yang dihasilkan dari tanah air Indonesia dan sangat dikenal di mancanegara?

1. Kopi Gayo
Kopi Gayo menjadi urutan pertama kopi terbaik di dunia. Kopi asal Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah ini memang terkenal akan kualitasnya, yang bahkan sudah mendunia. Jenis dari kopi gayo adalah arabika. Kopi Gayo memiliki cita rasa yang tinggi, aromanya dan nikmatnya yang cukup khas, serta tingkat keasamannya lebih rendah dan tingkat kepahitannya kuat.

2. Kopi Kintamani
Kopi Kintamani merupakan kopi yang dihasilkan dari daerah Kintamani, Bali. Kopi Kintamani menghasilkan kopi dengan ciri khas yang beda dari kopi daerah lain. Kopi ini seperti diperkaya dengan cita rasa buah. Cita rasa tersebutlah yang menjadikan Kopi Kintamani memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan kopi dari daerah lain. Rasa keasaman yang bercampur dengan rasa sega akan bersatu menghasilkan cita rasa unik.

Baca Juga: Kopi Arabika Solok Selatan untuk Ekspor ke Amerika Sudah Tahap Pengemasan

3. Kopi Luwak
Kopi luwak menempati urutan ketiga sebagai jenis kopi asli Indonesia yang unggul dan mendunia. Prosesnya dari pembuatan kopi luwak ini sangatlah unik. Perlu kamu ketahui, kopi luwak adalah kopi yang dalam proses produksinya dibantu oleh binatang luwak. Akibatnya, produksi kopi sangat terbatas sehingga menjadikannya kopi ini cukup langka dan mahal.

4. Kopi Sidikalang
Urutan keempat yaitu Kopi Sidikalang dnegan mempunyai tekstur yang paling halus, di antara seluruh jenis kopi di dunia. Kopi jenis ini sangat mudah sekali ditemui di Indonesia. Kepopulerannya sudah meluas dan kualitas rasanya juga tak dipertanyakan lagi.

5. Kopi Toraja
Terakhir yaitu kopi toraja. Jenis kopi unggulan yang mendunia berikutnya adalah kopi asal Toraja. Rasa kopi ini cukup berat, dengan ukuran yang cukup tebal dengan tingkat keasaman yang rendah. Rasa kopi Toraja cenderung sangat pahit dibandingkan dengan jenis kopi lain. Jenis kopi di Toraja umumnya adalah robusta dan arabika.

Baca Juga: Dubai Expo 2020, Brian Putra Bastara Jajaki Peluang Ekspor Kopi Sumbar ke Mesir

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: Tempo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Ragam Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Kulit

Kamis, 20 Januari 2022 | 22:21 WIB

Waktu Salat Tahajud, Bacaan Niat dan Doa Setelahnya

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:51 WIB

Salat Tahajud: Niat, Tata Cara dan Waktunya

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:35 WIB

Niat, Tata Cara dan Doa Salat Tahajud

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:26 WIB

Salat Hajat: Niat, Cara, Waktu dan Doanya

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:43 WIB

Niat, Tata Cara dan Doa Salat Hajat

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:29 WIB
X