XL Axiata Kembangkan IoT "Wearable Device” Solusi Ukur Kebugaran Seseorang

- Minggu, 14 November 2021 | 16:20 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions telah mengembangkan solusi Internet of Things (IoT) “Wearable Device” untuk mengukur kondisi kebugaran seseorang. Solusi IoT dipilih karena mampu memberikan visibilitas secara real-time di mana pun dan kapan pun tanpa batasan jarak dan waktu. Untuk penggunaan layanan ini lebih lanjut, XL Axiata menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (RS MMC). 

Penandatanganan kolaborasi kedua pihak dilakukan oleh Chief of Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto, dan CEO Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre, Dr. Roswin Rosnim Djaafar, MARS, di Jakarta, Jumat (12/11) lalu.

Baca Juga: XL Axiata Terus Kembangkan Aplikasi Laut Nusantara

Feby Sallyanto mengatakan, XL Axiata Wearable Device ini bisa menjadi perangkat cerdas yang akan membantu RS MMC mengukur kondisi pengguna secara cepat dan tepat.

"Komitmen untuk terus menghadirkan beragam solusi IoT untuk seluruh sektor industri terus kami lakukan, termasuk juga untuk menjalin kerjasama dengan industri teknologi kesehatan,” katanya.

Baca Juga: XL Axiata Gelar Aksi Sosial, Bedah Rumah Hingga Donasi ke Pesantren

XL Axiata Wearable Device merupakan perangkat yang mengukur kondisi kebugaran tubuh seperti detak jantung, EKG, pola pernafasan, suhu tubuh, langkah, dan kalori pada saat yang bersamaan. Semua sinyal tersebut secara terus menerus dan instan diukur kemudian dianalisa dengan platform terintegrasi IoT XL Axiata, sehingga dapat memberikan report analisa kebugaran penggunanya dari waktu ke waktu.

Kelebihan lainnya dari perangkat XL Axiata Wearable Device ini adalah adanya notifikasi yang dapat diatur untuk memberikan peringatan apabila ada perubahan tertentu yang terjadi. Perangkat canggih ini akan sangat membantu dan memudahkan pengguna yang ingin memperbaiki kebugarannya atau pun untuk deteksi dini masalah jantung dan pernapasan.

Dr. Roswin Rosnim Djaafar, MARS, mengatakan, dengan adanya perangkat IoT Wearable Device atau Smart Healthcare di Wellness Centre RS MMC, diharapkan pasien akan lebih peduli pada kondisi tubuhnya masing-masing karena saat ini sudah dapat mengukurnya secara realtime. Dengan demikian, saat ini para pasien di Wellness Centre dapat rekondisi tubuh, meningkatkan kebugaran, serta meningkatkan derajat kesehatan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB

Cara Membuat Lantera Gambar Monster di Stoples 

Minggu, 15 Mei 2022 | 10:14 WIB
X