Inilah 5 Manfaat Roti Gandum Bagi Kesehatan

- Senin, 15 November 2021 | 21:09 WIB
manfaat roti gandum
manfaat roti gandum

Banyak sekali varian roti yang kita jumpai, salah satunya adalah roti gandum. Perlu kamu ketahui, ternyata ada banyak sekali manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dengan mengkonsumsi roti gandum secara rutin.

Dilansir dari detik.com, berikut ini adalah 5 manfaat roti gandum:

1. Kaya Akan Nutrisi
Roti gandum memiliki kandungan nutrisi kompleks. Satu potong roti gandum ukuran reguler memiliki kandungan 67 kkal kalori, 1,07 lemak, 12,3 gram karbohidrat dan 2,37 gram protein. Roti gandum juga mengandung 0 mg kolesterol. Selain itu, roti gandum juga memiliki lebih banyak kandungan zat gizi seperti vitamin B dan serat dibanding roti putih. Kelebihan roti gandum yaitu kandungan gizi yang tinggi namun rendah kalori. Tentu roti gandum jadi makanan yang tepat untuk kamu yang sedang menjaga berat badan. Kamu bisa makan banyak namun tak menumpuk kalori dalam tubuh.

Baca Juga: Begini Cara Menyimpan Daging yang Benar Agar Awet dan Nutrisi Terjaga

2. Lebih Cepat Kenyang
Karena terbuat dari gandum yang utuh, roti gandum memiliki jangka waktu lebih lama untuk dicerna di dalam perut. Hal ini tentunya akan membuat kamu dapat merasa kenyang lebih lama. Sehingga, roti gandum cocok menjadi menu sarapan ataupun camilan yang cocok sebelum jam makan tiba. Roti gandum juga bisa dikonsumsi dengan berbagai paduan makanan lain. Misalnya disantap bersama telur rebus, olesan madu ataupun diolah sebagai roti panggang.

3. Dapat Mengoptimalkan Sistem Pencernaan
Sistem pencernaan yang sehat dengan pastinya ditandai dengan berfungsinya seluruh organ metabolisme. Roti gandum yang dikonsumsi akan membantu menjaga kesehatan organ pencernaan karena membantu meningkatkan gerakan usus.

Kandungan serat yang terdapat di dalamnya berfungsi untuk meningkatkan gerakan usus dengan melunakkan feses. Hal ini tentunya berdampak pada lancarnya sistem pembuangan. Roti gandum juga membantu penyembuhan iritasi pada saluran pencernaan karena meningkatnya asam lambung.

4. Cocok untuk Menu Diet
Roti gandum menjadi makanan yang cocok untuk menurunkan berat badan dengan cara menekan nafsu makan. Mengkonsumsi roti gandum di pagi hari atau makan siang membuat perut merasa penuh dan kenyang. Dengan demikian tubuh tidak 'protes' untuk terus diisi makanan.

5. Meminimalisir Risiko Stroke
Di dalam roti gandum memiliki serat, vitamin K, sampai dengan antioksidan. Kandungan asam lemak tak jenuh ini merupakan lemak sehat juga terdapat dalam roti gandum. Roti gandum juga dikenal sebagai makanan yang dapat menurunkan risiko stroke karena nol kolesterol.

Semua itu merupakan nutrisi yang bekerja mengurangi pemicu stroke dan serangan jantung. Namun begitu, kamu harus bijak mengolah dan menyantap roti gandum. Hindari mengolah roti gandum dengan tambahan minyak yang cukup banyak.

Baca Juga: Resep Roti Jabrig yang Lagi Hits, Bisa Jadi Bisnis Online

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: detik.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Jenis Najis yang Dimaafkan dalam Islam

Senin, 4 Juli 2022 | 14:27 WIB

6 Posisi Seks yang Aman Setelah Operasi Caesar

Minggu, 3 Juli 2022 | 15:46 WIB

Tips Cegah Insomnia Setelah Melahirkan

Minggu, 3 Juli 2022 | 14:20 WIB

9 Fakta Unik Perempuan yang Lahir di Bulan Juli

Minggu, 3 Juli 2022 | 13:48 WIB

Mata Bisa Deteksi Dini Penyakit, Begini Caranya

Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:30 WIB

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X