Kanker Bisa Disembuhkan 100 Persen

- Rabu, 11 Februari 2015 | 19:02 WIB

Seminar yang diikuti seki­tar 100 peserta dari kalangan pegawai Pemko Padang dan organisasi wanita ini, menurut Dr. dr. Irza Wahid SpPD KHOM FINASIM, Ketua Pe­lak­sana, digelar Perhimpunan hematologi onkologi medik penyakit dalam Indonesia (Perhompedin) cabang Sum­bar, bekerjasama dengan Pem­ko Padang. “Seminar ini kami gelar dalam rangkai peringatan hari kanker sedunia yang di­peringati pada 4 Februari lalu,” katanya.

Wawako Padang Ir. H. Emzalmi yang membuka res­mi kegiatan ini, sangat men­dukung digelarnya seminar ini. Sebab, dengan memeriksakan dan mengetahui secara dini tentang kanker, tentunya pena­nganan dan pengobatannya akan semakin mudah dila­kukan. Dengan demikian, ke­mungkinan sembuh tentu akan lebih besar.

Ketua TP PKK Kota Pa­dang Ny. Harneli Bahar dalam sambutannya menyebutkan, tak perlu malu memeriksakan diri sedari dini. Sebab, melalui pemeriksaan dini, akan bisa diketahui apakah kanker yang diidap jinak atau ganas. “Jangan sampai terlambat mengobati. Seringkali seseorang baru datang ke dokter setelah kan­kernya stadium lanjut seperti stadium  3 atau 4. Tentunya ini. Sudah sangat terlambat diobati, karena sudah parah. Kemung­kinan sembuh to­tal­pun menjadi berkurang,” kata Harneli.

Lebih jauh Prof Nuzirwan Acang menguraikan, penting­nya kita semua mengenali gejala kanker. Apakah itu berupa kanker jinak atau kan­ker ganas. “Sekecil apapun benjolan aneh yang tumbuh, harus diwaspadai. Lakukan pemeriksaan secara dini, se­hingga tingkat pe­nyem­buhan bisa lebih tinggi,” kata Nu­zirwan.

Di bagian lain Dr. Irza Wahid, menjelaskan tentang penanganan penyakit kanker. Mulai dari awal ditemukannya gejala kanker, hingga pengo­batan yang dilakukan. Ter­masuk pengobatan lanjutan seperti sistemik terapi atau kemoterapi. Semuanya bertu­juan untuk penyembuhan kan­ker tersebut. “Kemoterapi di negeri kita, dianggap seperti hantu. Padahal, ada berbagai jenis kemoterapi untuk pe­ngobatan kanker,” katanya.

Intinya, jika tak ingin dapat penyakit kanker, tambah Irza, cegahlah penyakit itu dengan menjalani gaya hidup sehat, rajin berolah raga, makanlah makanan yang sehat dan ber­gizi, serta lakukan pemeriksa­an sedari dini (sadari).

Tampak hadir pada ke­giatan ini Ketua GOW Kota Padang Ny. Eti Emzalmi dan Kepala DKK Kota Padang drg. Eka Gusti.  (h/atv)

Editor: Administrator

Terkini

Melihat dan Mendengar Buya Guzrizal Gazahar

Jumat, 23 Juli 2021 | 22:18 WIB

Tiga Langkah Mewaspadai Kecelakaan Mobil

Rabu, 21 Juli 2021 | 23:34 WIB

Bahaya Banget! Ini Risiko Memakai Lampu Neon

Minggu, 18 Juli 2021 | 21:26 WIB
X