Menyiapkan Diri Menjadi Ibu Tiri

- Jumat, 27 Februari 2015 | 19:22 WIB

Tahap khayalan

Pada masa awal menjalin hubu­ngan, biasanya Anda merasa dunia begitu indah. Anda cenderung menerima masa lalu pasangan dengan mudah dan berkhayal masa depan Anda akan lebih baik setelah menikah. Jangan terlena dengan khayalan Anda. di masa awal hubu­ngan, sebaiknya Anda harus bersi­kap lebih realistis karena kenyataan tidak selalu seindah khayalan. Untuk itu, sebelum melangkah lebih jauh, carilah informasi sebanyak-banyaknya dari buku atau penga­laman orang lain untuk menghadapi peran baru Anda sebagai ibu tiri.

Tahap transisi

Inilah saatnya pasangan akan mengenalkan Anda kepada anak-anaknya. Pada pertemuan pertama ini, tunjukkanlah sikap bahwa ayah mereka tetap menjadi milik mereka dan kehadiran Anda bukanlah untuk menggantikan kedudukan ibu kandung mereka. Tempatkan posisi Anda sebagai teman mereka. Pel­a­jarilah pola hubungan antara pa­sangan dan anak-anaknya serta aturan main yang ada. Kenali karak­ter anak-anaknya dengan baik, bagaimana hubungan mereka de­ngan ibunya dan bagaimana sikap pasangan membawakan Anda di tengah anak-anaknya.

Tahap konflik

Jangan kaget bila Anda mem­peroleh sambutan dingin dan sikap bermusuhan dari calon anak-anak Anda. Mungkin mereka memba­yangkan ibu tiri seperti yang ada dalam film atau membandingkan Anda dengan sosok ibunya. Dalam situasi ini, sikap pasangan juga mungkin berubah-ubah karena bingung harus berpihak kepada Anda atau anak-anaknya. Selain itu, konflik juga bisa dipicu dari mantan istri pasangan Anda. Ada kalanya sang mantan masih bebas keluar masuk rumah pasangan Anda untuk menemui anak-anaknya. Terkadang sikap anak pun bisa dipengaruhi oleh sikap ibunya terhadap Anda. Selalu libatkan pasangan Anda untuk mencari jalan tengah yang terbaik bagi Anda berdua.

Tahap damai

Setelah berhasil melewati masa-masa sulit tersebut, Anda boleh sedikit lebih tenang karena Anda mulai bisa diterima keluarga baru Anda. Pada tahap ini mulailah membuat komitmen untuk mene­rapkan suatu pola hubungan dan sistem yang baru, baik dengan pasangan maupun dengan keluar­ganya. Salah satu hal yang perlu dibahas adalah soal keuangan. Buatlah kesepakatan dengan pasa­ngan dalam mengelola keuangan, terutama jika nantinya memiliki anak dari pasangan Anda.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Dibandrol Rp2 Jutaan, Redmi 10 Usung Kamera 50 MP

Sabtu, 18 September 2021 | 02:35 WIB

5 Rekomendasi Produk Yoghurt Terbaik untuk Diet Sehatmu

Jumat, 17 September 2021 | 19:42 WIB

Kenali Gejala Asam Urat pada Tangan

Jumat, 17 September 2021 | 10:57 WIB

7 Ide Menu Sarapan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Kamis, 16 September 2021 | 23:24 WIB

6 Jenis Menu Sehat Untuk Dikonsumsi Setelah Olahraga

Kamis, 16 September 2021 | 22:16 WIB

4 Cara Memilih Makanan Basah atau Wet Food untuk Kucing

Kamis, 16 September 2021 | 21:58 WIB

Menu Sehat yang Baik untuk Perkembangan Janin

Kamis, 16 September 2021 | 21:15 WIB

Informasi Grooming Kucing Lengkap dengan Harganya

Kamis, 16 September 2021 | 20:49 WIB
X