KB Sukses Karena Kadernya

- Kamis, 12 Maret 2015 | 19:04 WIB

Hal itu terungkap dalam kegiatan revitalisasi Program Pos Pembantu Keluarga Be­ren­cana Daerah (PPKBD) dan Sub PPKBD tahun 2015  yang digelar oleh Badan Pem­berdayaan Masyarakat Perem­puan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kota Padang di aula­nya baru-baru ini.

Kegiatan itu dengan me­latih sebanyak 225 orang kader KB selama tiga hari. Kepala BPMPKB Kota Padang, Muji Susilowati yang diwakili oleh Kabid Keluarga Berencana Indriati kepada Haluan ke­marin (12/3) mengatakan, program kependudukan dan keluarga berencana pada hake­katnya adalah untuk mewujud­kan keluarga yang berkualitas didasarkan kepada perkawinan yang sah, sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak ideal berwawasan ke depan, bertanggungjawab, harmonis dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Lebih jauh disebutkan, PPKBD dan Sub PPKBD mem­punyai tugas pokok mem­bantu pelaksanaan pro­gram Kependudukan dan Ke­luarga Berencana (KKB) dan pembangunan Keluarga (PK) di lapangan bersama dengan petugas penyuluh lapangan.

Di antaranya, melakukan penyuluhan Komunikasi Infor­masi Edukasi (KIE/Kon­seling) pada Pasangan Usia Subur (PUS) dari rumah ke rumah sesuai wilayah kerjanya, melakukan pendataan ke­luar­ga, melaksanakan KIE bagi tokoh masyarakat, toga dan tokoh adat, mendapatkan ak­septor baru dan membina peserta KB aktif. “Melakukan pencatatan dan pelaporan hasil pelaksanaan dari tugas pokok kader untuk penyegaran,” ucap Indriati.

Program ke depan, jelas Indriati peningkatan peserta KB aktif, KB baru terutama KB vasektomi serta program pembangunan keluarga seperti BKB, BKR, BKL, Pik Remaja dan UPPKS akan lebih diper­kuat melalui peningkatan pe­ran PPKBD dan sub PPKBD akan memberikan sumbangan yang positif dalam memper­siapkan SDM Indonesia yang berkualitas.

Menurut Indriati, tujuan dari kegiatan tersebut, mem­bina sekaligus meningkatkan motivasi bekerja PPKBD dan sub PPKBD di lapangan. Men­dapatkan sasaran yang telah ditargetkan sehingga meningkatkan pencapaian pe­serta KB baru dan peserta KB aktif terutama dari masyarakat yang sulit dijangkau, mening­katkan peserta KB baru dan kegiatan bidang ketahanan keluarga. Selanjutnya, mening­katkan pembinaan terhadap poktan-poktan di lapangan.

Pada kegiatan itu juga dije­laskan, penduduk dunia sudah mencapai 7 miliar orang sesuai data 2011 yang dilansir oleh lembaga kependudukan Perse­rikatan Bangsa Bangsa (PBB). Jumlah itu akan semakin ba­nyak bertambah dengan per­tum­buhan 1,49 persen per tahun.

Termasuk penduduk Indo­nesia yang bertambah 10 tahun terakhir jumlah penduduk Indonesia bertambah 32,5 juta. Untuk Kota Padang sudah mencapai Rp1 juta. Diper­kirakan pada tahun 2045, penduduk Indonesia mencapai 450 juta jiwa.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Ini Jumlah Waktu Tidur Ideal Sesuai Rentang Usia

Selasa, 3 Agustus 2021 | 01:39 WIB

Mengetahui Perkembangan Tentang ISP Internet

Senin, 2 Agustus 2021 | 12:29 WIB
X