PKK bukan Tempat Arisan dan Pengajian

- Sabtu, 26 Maret 2016 | 03:52 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Gerakan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) bukan tempat arisan dan pengajian ibu-ibu saja, tetapi merupakan wadah pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk mewujudkan keluarga sehat, mandiri dan sejahtera.

“Peran gerakan PKK ini, salah satunya melalui Ke­lompok Dasawisma yang me­rupakan unit terkecil PKK,” kata Ketua Gerakan PKK Sumatera Barat, Nevi Irwan Prayitno saat kunjungan pe­nilaian Ketua Kelompok Da­sawisma PKK Berprestasi 2016 di Sawahlunto, Kamis.

Menurutnya, Kelompok Dasawisma juga memiliki banyak manfaat di berbagai bidang, termasuk diantaranya bidang pemerintahan dan pembangunan.

“Di bidang pemerintahan, dengan adanya Kelompok Dasawisma, penduduk dalam satu RT/RW dapat tercatat secara akurat sehingga memu­dahkan sensus,” ujarnya.

Sementara dalam bidang pembangunan, Kelompok Dasawisma dapat membe­rikan sumbang saran untuk pembangunan tepat sasaran sesuai kebutuhan lingkungan dalam Musyawarah Peren­canaan Pembangunan (Mus­rembang) di tingkat desa atau nagari.

“Kelompok Dasawisma juga berperan dalam usaha perbaikan gizi keluarga dan keluarga berencana, sehingga benar-benar membantu tugas pemerintah,” sebutnya.

Menurutnya untuk me­nunjang keberhasilan, 10 prog­ram pokok PKK harus disinkronkan dengan program pemerintah.

Untuk memberikan peng­hargaan kepada Kelompok Dasawisama yang serius da­lam melaksanakan program­nya, maka menurutnya dilak­sanakan penilaian Ketua Ke­lompok Dasawisma PKK Ber­prestasi setiap tahun.

“Tahun ini, pelaksanaan penilaiannya kita seder­ha­nakan. Dalam penilaian kita tetapkan nominasi untuk enam Ketua Dasawisama ka­bupaten terbaik dan lima Ketua Dasawisama terbaik tingkat kota,” katanya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Melihat dan Mendengar Buya Guzrizal Gazahar

Jumat, 23 Juli 2021 | 22:18 WIB

Tiga Langkah Mewaspadai Kecelakaan Mobil

Rabu, 21 Juli 2021 | 23:34 WIB

Bahaya Banget! Ini Risiko Memakai Lampu Neon

Minggu, 18 Juli 2021 | 21:26 WIB
X