Mobil Tiba-tiba Terbakar? Segera Lakukan Ini Agar Tak Menyesal

- Selasa, 30 November 2021 | 11:50 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Peristiwa mobil terbakar yang menimpa Suzuki Ertiga di Jalan Tol Wiyoto Wiyono bukan kali pertama terjadi. Kendati demikian, kejadian ini tetap membuat banyak orang panik.

Sebab tiap mobil memiliki potensi untuk terbakar, oleh karena itu kita harus waspada saat berkendara di manapun.

Baca Juga: Mobil Terbakar di SPBU, Seorang Anak Kecil Turut Tewas Terbakar

Bisanya akan muncul tanda-tanda jik mobil akan terbakar, seperti asap dari kap mesin atau tanda lainnya. Sebaiknya pengemudi awas dengan hal ini, sebelum api mulai membesar ada baiknya membawa mobil ke pinggir jalan untuk kemudian melakukan tindakan pertolongan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengingatkan para pengemudi untuk tetap tenang dan tidak panik jika mobil tiba-tiba terbakar.

Baca Juga: Semua Penumpang Selamat, Mobil Terbakar di Tengah Genangan Banjir

“Banyak pengemudi mobil yang tidak siap dan panik ketika menghadapi kendaraannya yang terbakar, karena takut menyambar ke tanki dan meledak. Ketidaksiapan inilah yang membuat pikiran jadi blank dan panik, sehingga apapun yang dilakukan pasti salah,” ujar Sony dikutip dari Kompas.com, Selasa (30/11/2021).

Jika sudah muncul tanda-tanda mobil akan terbakar, segera lakukan proses evakuasi dengan tenang. Hal ini memang susah dilakukan bagi yang tidak biasa.

“Pertama yang harus dilakukan adalah mencopot safety belt diri sendiri kemudian baru penumpang lain. Setelah itu cari arah evakusasi yang jauh dari sumber api,” kata Sony.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: kompas.com

Tags

Terkini

Biar Ada Manfaat, Mandi pun Ada Caranya, Yuk Simak!

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:40 WIB

Kenapa Pusing saat Gempa? Ternyata Ini 4 Penyebabnya

Sabtu, 15 Januari 2022 | 20:45 WIB

Begini Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:15 WIB

Harga Terbaru iPhone 7 Tahun 2022, Murah Banget!

Jumat, 14 Januari 2022 | 16:10 WIB
X