Belajar Bisnis Media Online yang Profitable di Usia Muda dari Brian Putra Bastara

- Rabu, 1 Desember 2021 | 21:18 WIB
Brian Putra Bastara
Brian Putra Bastara

CEO Haluan Media Group sejak tahun 2019, Brian Putra Bastara melakukan pengembangan baru untuk Haluan Media Group. Karena kejeliannya melihat peluang, dia mulai mengembangkan media nonelektronik menjadi elektronik. Dari arahannya, Haluan Media Group telah menjadi tempat bernaung sejumlah startup media digital. Haluan Media Group yang semula adalah surat kabar Haluan di Sumbar dan sudah terbit sejak 1948 dikembangkan menjadi media digital oleh Brian.

Baca Juga: HARIAN HALUAN DI TENGAH KELINDAN SEJARAH: Layar Terkembang di Era Digital

Selain itu, Brian juga memiliki beberapa usaha di bidang digital lain, seperti media online, media alternatif, agensi kreatif, EO company, production house, perusahaan teknologi dan software, E-sport media dan manajemen, dan perusahaan riset dan survei. Brian menyadari, bahwa bisnis digital adalah salah satu bisnis yang menjanjikan di masa depan. Hal ini dibarengi dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat.

Brian memberikan kita beberapa pelajaran. Sebagai pengusaha muda asal Padang yang telah berkecimpung di usia muda, dia mengajarkan untuk melakukan ekspansi bisnis, memiliki keberanian, dan memiliki kejelian dalam berbisnis. Selain itu, sebelum melakukan bisnis, kita harus memperhitung semua risiko dengan matang. Harian Haluan akan memberikan beberapa tips bagi kamu yang ingin melakukan bisnis di bidang media online. Simak penjelasan berikut ini.

Tips Memulai Bisnis Media Online

Brian Putra berhasil mengembangkan koran Haluan menjadi salah satu media online yang mulai berkembang sejak tahun 2019. Seperti yang kita ketahui, dunia sudah mengalami sudah banyak perubahan, termasuk Indonesia. Pada zaman ini, dengan kemudahan teknologi dan komunikasi, semua informasi menjadi lebih terbuka dan serba cepat. Kita dapat mendapatkan informasi dan pemberitaan tidak hanya dari televisi atau berlangganan berita.

Pada bisnis media online ada 3 jenis, yaitu display ad atau media iklan; premium content atau konten berbayar untuk mengaksesnya; dan yang terakhir adalah content creator. Kali ini, kita akan lebih content creator sesuai dengan perusahaan yang dipimpin oleh Brian Putra Bastara.

Content creator adalah model bisnis media online ini bisa dilakukan oleh siapapun bahkan dengan modal seadanya. Model bisnis ini sering disebut dengan media online independen karena jenis model ini tidak bergantung pada traffic namun pada audience engagement.

Cara mendapatkan penghasilan dari bisnis ini adalah community engagement. Community engagement berkaitan dengan seberapa besar audience yang terhubung dengan konten kita. Dari engagement ini, terbentuklah sebuah komunitas yang akan terus mendukung media online yang Anda bangun. Cara mendapatkan engagement, yaitu fokus. Lakukan sesuai rencana awal terkait hal yang disuka, hobi, dan kemampuan.

Halaman:

Editor: Ruswanti

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waktu Salat Tahajud, Bacaan Niat dan Doa Setelahnya

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:51 WIB

Salat Tahajud: Niat, Tata Cara dan Waktunya

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:35 WIB

Niat, Tata Cara dan Doa Salat Tahajud

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:26 WIB

Salat Hajat: Niat, Cara, Waktu dan Doanya

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:43 WIB

Niat, Tata Cara dan Doa Salat Hajat

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:29 WIB
X