Apa Itu LinkedIn dan Manfaatnya untuk Para Jobseeker?

- Rabu, 1 Desember 2021 | 21:34 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - LinkedIn adalah sebuah platform online yang sedang tren, yang bisa mempertemukan pencari kerja (jobseeker) dengan Lowongan Pekerjaan (Loker). LinkedIn memberikan kemudahan bagi banyak orang, di mana para jobseeker tidak perlu lagi door to door untuk memasukkan lamaran pekerjaan ke perusahaan.

Hanya dengan membuat sebuah akun, siapa pun bisa mencari informasi lowongan pekerjaan yang sedang dibuka saat ini. Bukan hanya itu saja, LinkedIn adalah platform online yang banyak diminati oleh para HRD (recruiter) untuk mem-posting informasi lowongan pekerjaan dari perusahaannya. Hal itu merupakan kesempatan yang bagus untuk para jobseeker dalam mendapatkan peluang lebih besar.

Tidak seperti online job portal lainnya, LinkedIn memberikan manfaat selain informasi lowongan pekerjaan. Pengguna LinkedIn bisa connect dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia, sehingga peluang untuk berelasi semakin luas tanpa batasan apa pun.

Berikut adalah fitur-fitur bermanfaat yang ada di dalam LinkedIn.

1. Profil atau Resume Singkat Pengguna LinkedIn

Di bagian menu ini, kita bisa menampilkan data diri secara singkat seperti riwayat pekerjaan, riwayat pendidikan, achievements, serta skills and endorsements yang bisa dilihat oleh semua pengguna LinkedIn.

Selain itu, pengguna LinkedIn bisa menampilkan penanda pada tampilan profil bahwa kita sedang open to work untuk para jobseeker dan penanda hiring bagi recruiter yang sedang membuka lowongan pekerjaan.

2. Home

Bagian ini sama halnya dengan timeline. Kita bisa melihat posting-an orang lain yang kita follow, mem-posting artikel, foto, video, dan event.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Linkedin

Tags

Terkini

Trik Mudah Kirim Aplikasi di WhatsApp

Selasa, 25 Januari 2022 | 00:03 WIB

Cara Tukar SIM Card 4G Telkomsel dengan Mudah

Senin, 24 Januari 2022 | 21:22 WIB

Bagaimana Cara Kerja NFT? Kolektor Wajib Tahu!

Senin, 24 Januari 2022 | 06:04 WIB

Fitur Baru Twitter: Gambar NFT Bisa Jadi Foto Profil

Senin, 24 Januari 2022 | 04:33 WIB
X