Apa Itu Digitisasi, Digitalisasi, dan Otomatisasi di Era Industri 4.0?

- Jumat, 3 Desember 2021 | 21:17 WIB
Ilustrasi (sumber: pixabay)
Ilustrasi (sumber: pixabay)

HARIANHALUAN.COM - Digitisasi, digitalisasi, dan otomatisasi merupakan tiga hal utama yang saling berkaitan dalam proses pengoptimalan kinerja suatu industri di era 4.0. Ketiga konsep ini memiliki definisi, peran, serta dampak positif dan negatif bagi kehidupan.

Digitisasi adalah proses mengubah (konversi) analog secara terus-menerus atau pengubahan teks, gambar, dan suara ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses oleh komputer (digitization).

Area fokus atau tingkat analisis digitisasi mencakup pada segala hal yang ada di level mikro. Contohnya, pengambilan sampel sinyal seperti prosedur sistematis dalam memecahkan masalah matematis dengan cara-cara yang terbatas (algoritme), interpretasi sinyal, alat penyimpanan sinyal, dan komponen-komponen elektrik.

Digitalisasi adalah proses keterlibatan (implikasi) sosial atas adanya peningkatan bantuan komputer, media baru, dan platform komunikasi untuk ekonomi, masyarakat dan budaya (digitalization).

Area fokus digitalisasi berada pada level makro seperti infrastruktur media digital yang berperan sebagai platform komunikasi. Selain itu, berupa struktur sosial, aspek budaya, hubungan masyarakat, kecenderungan untuk berpusat pada manusia, serta pengetahuan kegiatan produksi dan manajemen.

Otomatisasi adalah proses penerapan teknologi, perangkat lunak, dan program untuk mencapai hasil prosedural dengan sedikit atau tanpa campur tangan manusia (automatization).

Sedangkan area fokus otomatisasi yaitu berupa pandangan secara sistem atau susunan teratur (sistemis). Bentuk otomatisasi itu sendiri berupa otomatisasi proses atau tindakan analisis/keputusan, instruksi program, pengendalian dan pemantauan, pemanfaatan listrik/mekanik/termal dan tenaga cahaya untuk otomatisasi, dan sensor terhadap pengendalian proses.

Implikasi dan Dampak Umum dari Digitisasi, Digitalisasi, dan Otomatisasi

Digitisasi:

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: JSTOR Publisher

Tags

Terkini

Cara Daftar Aplikasi PLN Mobile dengan Mudah

Kamis, 20 Januari 2022 | 06:06 WIB

7 HP Harga 10 Jutaan Pesaing Samsung Galaxy S21 FE 5G

Kamis, 20 Januari 2022 | 04:01 WIB

10 Rekomendasi Marketplace NFT Terpopuler di Dunia

Senin, 17 Januari 2022 | 21:45 WIB

5 Aplikasi Jual Beli NFT Lokal di Indonesia

Minggu, 16 Januari 2022 | 14:04 WIB

5 Rekomendasi HP Oppo Terbaru Harga 2 Jutaan

Kamis, 13 Januari 2022 | 23:30 WIB

5 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Mudah dan Praktis

Kamis, 13 Januari 2022 | 10:35 WIB
X