Makanan Khas Bandung Ini Masuk Daftar Dumpling Terenak di Dunia

Nova Anggraini
- Sabtu, 4 Desember 2021 | 13:00 WIB
ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dumpling adalah salah satu kuliner Tiongkok yang sangat populer. Dumpling sendiri umumnya terdiri dari begitu banyak jenis, yang bisa membuat siapa saja kebingungan mengidentifikasi masing-masing namanya.

Dumpling dikenal dengan berbagai jenis dan nama yang berbeda. Dumpling dikenal sebagai szechuan, nama Kantonnya, dan pinyin untuk nama Romannya.

Setiap nama dumpling ini bisa memiliki ejaan yang berbeda-beda. Kalau menurut CNN, dumpling pada dasarnya adalah makanan rebus yang berisi adonan gurih atau manis.

Kendati dikenal sebagai sajian asal China, dumpling nyatanya merupakan makanan populer di dunia. Kuliner ini juga banyak diadaptasi di sejumlah negara. Dilansir dari laman resminya, Jumat (3/12/2021), CNN memilih 35 jenis dumpling terenak di seluruh dunia.

Salah satunya ternyata ada dari Indonesia. Yang dimaksud, tidak lain tidak bukan, adalah siomai Bandung. Siomay dijelaskan sebagai dumpling berbahan dasar ikan yang dikukus disajikan dengan sayuran dan saus kacang. Di Indonesia, siomai termasuk jajanan kaki lima.

Sajian ini mirip dengan shumai, salah satu makanan tradisional China yang biasa dijual di restoran dim sum. "Varian siomai paling populer ditemukan di Bandung. Cara terbaik untuk mencicipi pangsit ini adalah dari pedagang kaki lima yang mengangkut kompor dengan sepedanya," tulisnya.

Kuliner Asia

Dumpling lainnya yang masuk daftar terenak adalah Xiaolongbao. Dipercaya bahwa bentuk pertama xiaolongbao dijual oleh Huang Mingxian, seorang pemilik toko yang ingin mengembangkan dumpling klasik karena meningkatnya persaingan dari vendor tetangga.

Jenis dumpling ini biasanya diisi dengan sup dan daging babi cincang dalam jumlah besar, kemudian dikukus menggunakan kukusan bambu yang dirancang khusus. Terkadang, xiaolongbao juga bisa diisi daging kepiting atau udang. Adonannya cukup tipis, namun lebih tebal dari tang bao, tapi tidak setebal shen jian bao.

Dumpling lainnya adalah wonton udang. Kuliner khas Hong Kong ini termasuk dumpling berkulit tipis dengan isian daging, seafood, atau sayuran yang dibungkus adonan gandum yang empuk.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Liputan6.com

Tags

Terkini

Popok Generasi Baru vs Konvensional, Apakah Bedanya?

Selasa, 25 Januari 2022 | 15:30 WIB

WhatsApp Siapkan Fitur Baru di Awal 2022, Apa Saja Ya?

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:55 WIB

Valentine Day: Pengertian, Sejarah dan Tradisi

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:29 WIB

Benarkah iPhone 15 Pro Akan Bawa Kamera Periskop 5X?

Selasa, 25 Januari 2022 | 08:55 WIB

Intip Bocoran Spesifikasi Redmi Note 11 Pro 4G

Selasa, 25 Januari 2022 | 07:40 WIB

Ingat! Begini Cara Mengidentifikasi Penipuan Online

Senin, 24 Januari 2022 | 21:35 WIB

Inilah Asal Mula Hari Valentine secara Lengkap

Senin, 24 Januari 2022 | 18:07 WIB

Tidak Sulit, Begini Cara Mengatasi Anak Tantrum

Senin, 24 Januari 2022 | 12:55 WIB

Cara Log Out atau Keluar dari Akun WhatsApp

Minggu, 23 Januari 2022 | 23:40 WIB
X