Mengenali Penyebab dan Resiko Terjadinya Kanker Mulut

- Selasa, 7 Desember 2021 | 02:45 WIB
Alat deteksi kanker mulut (Humas UGM)
Alat deteksi kanker mulut (Humas UGM)


HARIANHALUAN.COM - Kanker mulut menjadi masalah kesehatan yang disebabkan karena pertumbuhan sel pada rongga mulut yang melebihi batas atau tidak normal. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak menyadari bahayanya kondisi kesehatan ini dan menganggapnya sebagai penyakit sepele.

Sariawan menjadi gejala paling utama kondisi kanker mulut, dan masih sering dianggap sebagai hal yang ringan dan wajar terjadi. Namun, sariawan yang tidak kunjung sembuh, bahkan disertai dengan perdarahan menjadi hal yang perlu kamu waspadai, karena kondisi tersebut mengindikasikan gejala kanker mulut.

Berbagai Masalah Kesehatan yang Berisiko Menyebabkan Kanker Mulut

Terjadinya perubahan atau mutasi genetik pada sel yang berada di jaringan mulut adalah penyebab kanker mulut paling utama. Namun, apa penyebab perubahan atau mutasi ini masih belum diketahui. Hanya saja, ada beberapa kondisi medis yang diyakini bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami kanker mulut, yaitu:

-Infeksi herpes pada mulut atau herpes oral.
-Infeksi HPV.
-Kondisi genetik tertentu, seperti anemia fanconi dan diskeratosis kongenital.
-Masalah kesehatan yang berdampak pada penurunan imunitas atau kekebalan tubuh, termasuk HIV/AIDS.

Tak hanya itu, usia dan genetik juga bisa menjadi faktor risiko kanker mulut, seringnya adalah usia 50 tahun atau lebih. Pola hidup yang kurang baik pun nyatanya ikut berperan, termasuk hal berikut:

-Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.
-Kurang asupan buah dan sayur.
-Sangat sering mengunyah buah pinang.
-Paparan sinar matahari yang berlebihan.
-Kesehatan gigi dan mulut yang tidak terjaga, termasuk tidak membiasakan gosok gigi dan tidak melakukan penanganan pada gigi yang berlubang.

Inilah mengapa kamu perlu rutin melakukan pemeriksaan gigi ke dokter, setidaknya dua kali dalam satu tahun atau setiap enam bulan sekali. Dokter juga mungkin menyarankan kamu untuk melakukan pengecekan kesehatan gigi lebih sering, bergantung pada kondisi kesehatan gigi dan mulutmu.

Seperti Apa Gejala Kanker Mulut?

Selain sariawan yang tidak kunjung sembuh dan disertai dengan keluarnya darah, beberapa gejala lain yang menunjukkan kanker mulut, yaitu:

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Halodoc.com

Tags

Terkini

Sederet Manfaat Minum Matcha, Nomor 5 di Luar Dugaan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:20 WIB

Keren Nih, Helm Retro Modern Dirgahayu RI ke-77

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:42 WIB

Membunuh Scabies dengan Garam, Apakah Efektif?

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:04 WIB
X