Perlu Diwaspadai, Batuk Berdarah Bisa Jadi Gejala Kanker Paru

- Senin, 13 Desember 2021 | 02:03 WIB
Ilustrasi Batuk. (Pixabay)
Ilustrasi Batuk. (Pixabay)

HARIANHALUAN.COM - Batuk berdarah jangan dianggap sepele. Pasalnya, ini bisa jadi gejala timbulnya penyakit berbahaya kanker paru. Apalagi bagi perkok aktif perlu untuk diwaspadai.

Layaknya penyakit kanker lainnya, kanker paru menunjukkan adanya pertumbuhan sel abnormal pada organ paru-paru. Kondisi ini bisa terjadi karena banyak hal, kebiasaan buruk merokok merupakan salah satu faktor penyebab yang paling sering ditemui. Tak heran jika perokok aktif lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan ini.

Meski begitu, jangan abaikan paparan asap rokok meski kamu tidak merokok. Pasalnya, paparan asap rokok yang masuk ke saluran pernapasan kamu akan membuat kamu turut menjadi perokok pasif. Sayangnya, perokok pasif pun memiliki risiko mengidap kanker paru yang sama tingginya dengan orang yang aktif merokok.

Selain kebiasaan buruk merokok, beberapa hal lain yang turut meningkatkan risiko terjadinya kanker paru pada seseorang, yaitu:

1.Adanya riwayat keluarga dengan kondisi medis serupa.
2.Sering terkena paparan polusi udara.
3.Tinggal atau bekerja di kawasan dengan paparan kimia yang tinggi.
4.Pernah menjalani pengobatan dengan radioterapi.
5.Batuk Darah Jadi Salah Satu Gejala Kanker Paru
6.Jika kamu mengalami batuk darah, apalagi cukup sering, sebaiknya kamu tidak menganggap sepele. Pasalnya, batuk darah bisa menjadi salah satu gejala dari kanker paru, dan pastinya hal ini menjadi kondisi yang serius dan berbahaya.

Ketika kamu mengalami batuk darah, umumnya darah akan keluar dari tubuh bersama dengan dahak. Kondisi ini terjadi karena munculnya masalah pada saluran pernapasan, misalnya ada kerusakan pada organ tertentu pada bagian pernapasan. Bahkan, batuk darah bisa dikatakan bukan menjadi tanda awal kanker paru, melainkan tanda bahwa sel kanker telah menyerang bagian atau organ tubuh lainnya.

Biasanya, batuk darah yang menyebabkan kanker paru bisa muncul dengan berbagai kondisi lainnya. Kamu mungkin akan mengalami batuk kronis, sesak napas, mengi, nyeri pada bagian dada ketika bernapas, berat badan menurun, tubuh mudah lelah, hingga terserang infeksi pada saluran pernapasan berulang kali.

Pilihan Pengobatan Kanker Paru
Banyak pilihan pengobatan untuk kanker paru yang tersedia. Namun, biasanya, setiap jenis pengobatan akan disesuaikan dengan kondisi pengidap secara keseluruhan, termasuk kesehatan fisik, usia, jenis kanker, hingga lokasi sel kanker berada. Pilihan pengobatannya, antara lain:

Operasi
Operasi bisa dilakukan ketika kanker paru masih berada pada stadium awal, baik stadium 1 maupun 2. Prosedur ini dilakukan untuk mengangkat sel kanker pada bagian paru-paru yang terdampak. Tak hanya itu, operasi juga dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lainnya.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Halodoc.com

Tags

Terkini

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X