Lestarikan Budaya Pakaian Perempuan Minang, Dharma Wanita PNP Gelar Lomba Baju Kurung Basiba

- Kamis, 19 September 2019 | 21:02 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Memeriahkan Dies Natalis Politeknik Negeri Padang (PNP) 2019, panitia acara kembali menggelar Lomba Baju Kurung Basiba Modern. Lomba yang diikuti ibu-ibu Dharma Wanita dan karyawati PNP tersebut berlangsung semarak.

Masing-masing peserta menampilkan kreasi baju kurung basiba ala modern dengan tetap mengutamakan ciri khas baju kurung bundo kanduang Ranah Minang tersebut.

-

Tampil sebagai pemenang padang lomba tahun ini yaitu, Ny Feni Sarmiadi juara 1. Kemudian Ny Evi Wisafri juara 2 dan Putri Gemala Sari juara 3.

“Dalam rangka melestarikan budaya Minang maka di ambillah salah satunya perlombaan baju kuruang basiba modern ini,” ujar Ketua Dharma Wanita PNP, Ny Eza Surfa Yondri di sela-sela acara yang digelar di Gedung PKM PNP, Kamis (19/9).

Secara umum, penilaian lomba baju kurung basiba modern tersebut meliputi keaslian pakaian, keserasian dan penampilan.

Baju kuruang basiba dari jenis pakaian adat Minangkabau. Basiba atau  bakikiak,  berbelah sedikit di depan, tidak memakai resleting, tangan baju lurus, dalam/panjang bajunya di bawah lutut dan tidak boleh sempit atau membentuk tubuh (harus lurus dan longgar), ujung lengan baju tergantung model daerah masing-masing, memakai tangkuluak (tutup kepala), memakai kain, dan tidak dimodifikasi modelnya. (*)
 

 

Editor: Administrator

Terkini

Yuk Mulai Diet Sehat Ala Ahli Gizi, Simak Tipsnya

Minggu, 24 Oktober 2021 | 07:50 WIB

Kunyit | Khasiat bagi Tubuh dan Resep untuk Dicoba

Minggu, 24 Oktober 2021 | 06:00 WIB

7 Pola Hidup Sehat untuk Tingkatkan Fungsi Jantung

Minggu, 24 Oktober 2021 | 01:30 WIB

Yuk Intip Kecanggihan Toyota Avanza Veloz Terbaru

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:10 WIB
X