Kenali Gejala Kanker Darah, Waspadai Anemia Sampai Gatal Kulit

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 19:30 WIB
Penderita  gejala kanker darah. Foto: newsconcerns.com
Penderita gejala kanker darah. Foto: newsconcerns.com

HARIANHALUAN.COM – Darah merupakan kombinasi plasma dan sel-sel yang beredar di seluruh tubuh. Ada berbagai fungsi penting darah, seperti mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, membentuk antibodi, melawan infeksi, memproses pembekuan darah, hingga membawa protein dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Darah sendiri dapat mengalami gangguan kesehatan seperti kanker. Kanker darah terjadi sel darah dalam tubuh menjadi ganas dan abnormal. Berbeda dengan gejala penyakit kanker lainnya, kanker darah tidak menyebabkan munculnya benjolan atau tumor. Namun, kanker darah dapat menyebabkan komponen darah dalam tubuh terganggu.

Darah memiliki empat komponen yang berbeda, yaitu sel plasma, sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Keempat komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda dalam tubuh.

Kanker darah terjadi ketika sel darah yang abnormal muncul dalam jumlah yang berlebihan dan tidak terkendali. Kondisi ini membuat sel darah sehat menjadi tidak berfungsi.

Kanker darah memiliki beberapa jenis yang berbeda. Misalnya leukimia yang menyerang sel darah putih. Lymphoma yang menyebabkan limfosit tumbuh abnormal dan tidak terkendali. Multiple myeloma yang menyebabkan sumsum tulang belakang membuat sel plasma tumbuh diluar kendali dan mencegah tubuh memproduksi sel darah sehat.

Bukan hanya orang dewasa yang dapat mengalami kanker darah, anak-anak pun berisiko mengalami penyakit ini. Untuk itu, tidak ada salahnya mengenali beberapa gejala kanker darah agar kondisi ini dapat ditangani dengan baik.

Anemia
Anemia menjadi salah satu gejala kanker darah yang paling umum. Kondisi ini bisa terjadi akibat tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah yang sehat sesuai dengan kebutuhan tubuh. Selain itu, gejala ini juga bisa terjadi ketika salah satu komponen darah tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Perhatikan jika kamu mengalami kelelahan terus-menerus, napas yang menjadi lebih pendek, pusing, kulit pucat, hingga nyeri dada. Anemia perlu ditangani segera agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Perdarahan dan Sering Muncul Memar
Sebaiknya jangan abaikan kondisi kesehatan jika kamu sering mengalami perdarahan dan muncul memar tanpa alasan tertentu. Hal ini bisa terjadi ketika ada gangguan pada trombosit yang dapat membantu penggumpalan darah.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Halodoc.com

Tags

Terkini

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X