4 Kemungkinan Penyebab Alami Gejala Hamil Namun Testpack Negatif

- Senin, 20 Desember 2021 | 23:55 WIB
Ilustrasi Siti Badriah menunjukkan hasil testpack sambil memeluk suami (Instagram.com/@sitibadriahh)
Ilustrasi Siti Badriah menunjukkan hasil testpack sambil memeluk suami (Instagram.com/@sitibadriahh)

HARIANHALUAN.COM - Bagi pasangan yang mendambakan buah hati, pasti merasa bahagia ketika merasakan tanda-tanda kehamilan. Sebagian besar tanda-tanda awal kehamilan mirip sekali dengan kondisi lain, bahkan mirip seperti menstruasi sehingga beberapa wanita tidak menyadarinya.

Baca Juga: Manfaat Menakjubkan dari Amalan Membaca 2 Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah

Untuk memastikan hamil atau tidak, umumnya wanita akan menggunakan test pack.

Namun, bagaimana jika hasil testpack negatif padahal kamu mengalami tanda-tanda kehamilan? Hal ini tentu membuat bingung. Namun, sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkannya. 

Ini Kemungkinan Penyebabnya. Dilansir dari Verywell Health, berikut beberapa kondisi yang mungkin menjadi penyebabnya:

1. Menstruasi
Hal ini mungkin membuat kamu kecewa, tetapi gejala awal kehamilan bisa sangat mirip dengan gejala pramenstruasi. Pasalnya, pramenstruasi juga bisa menimbulkan nyeri payudara, kram perut, mual sampai mengidam. Jika kamu tiba-tiba mengalami menstruasi yang tidak normal disertai dengan gejala lain, seperti kram atau sembelit, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

2. Melakukan tes terlalu awal
Sebagian besar tes kehamilan memiliki tingkat akurasi dan sensitivitas yang tinggi. Kendati demikian, melakukan tes terlalu awal juga bisa memberikan hasil yang negatif. Tespek dirancang untuk mendeteksi keberadaan hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Ini adalah hormon yang diproduksi segera setelah telur yang dibuahi ditanamkan di dalam rahim. Biasanya dibutuhkan sekitar dua hingga tiga minggu agar kadarnya cukup tinggi untuk deteksi yang akurat.

Ketika kamu melakukan tes terlalu dini, tespek mungkin belum mampu mendeteksi kehamilan karena kadar hCG belum memadai. Kalau kamu masih belum yakin, lakukan tes ulang seminggu kemudian. Tingkat hCG cenderung berlipat ganda setiap dua hari, jadi semakin lama menunggu, semakin besar kemungkinan kamu untuk mendapat hasil yang akurat.

3. Keguguran
Bila kamu merasa hamil tetapi memiliki hasil tes negatif, kemungkinan lainnya adalah keguguran yang sangat dini. Ini terjadi ketika ada masalah dengan sel telur yang dibuahi, paling sering disebabkan oleh kelainan kromosom yang membuat kehamilan tidak dapat bertahan. Ketika tubuh mendeteksi hal ini, tubuh akan secara spontan menggugurkan janin, sering kali bahkan sebelum seseorang mengetahui bahwa dirinya hamil.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: halodoc.com

Tags

Terkini

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X