Kekurangan Asupan Serat Berpotensi Alami Penyakit Kanker Usus Besar

- Selasa, 21 Desember 2021 | 00:52 WIB
Ragam Buah dan Sayur (Buahmanisku)
Ragam Buah dan Sayur (Buahmanisku)

 

HARIANHALUAN.COM - Mengkonsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Selain mengandung banyak vitamin, buah dan sayur memiliki kandungan serat tinggi yang bisa membantu kamu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Ada berbagai penyakit yang bisa terjadi ketika kamu kurang mengonsumsi asupan serat, salah satunya adalah kanker usus besar.

Kanker usus besar adalah penyakit tumor ganas yang muncul di usus besar (kolon) dan rektum. Kondisi ini bisa berawal dari usus besar kemudian menyebar ke rektum dan sebaliknya. Lalu, apakah kondisi ini berbahaya? Jawabannya adalah iya.

Sel kanker yang tidak diatasi dengan baik memicu penyebaran pada bagian tubuh lain dan menimbulkan komplikasi.

Penyakit kanker adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat munculnya sel abnormal dalam tubuh dengan tidak terkendali. Sel abnormal dapat memengaruhi fungsi dari sel sehat, sehingga memicu berbagai gejala.

Mengonsumsi makanan sehat bisa menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk mencegah penyakit kanker, salah satunya kanker usus besar. Umumnya, kanker usus besar ditandai munculnya polip pada bagian usus besar yang lama kelamaan bisa berubah menjadi tumor ganas atau sel kanker.

Lalu, apakah penyakit kanker usus besar berbahaya bagi pengidapnya? Kanker usus besar menjadi penyakit yang berbahaya dan perlu penanganan yang tepat. Sel kanker yang tidak diatasi dan diobati dengan baik dapat meningkatkan risiko penyebaran sel kanker pada bagian dan organ tubuh lainnya.

Hal ini akan meningkatkan berbagai gangguan kesehatan pada pengidapnya. Selain itu, kanker usus besar juga dapat memicu berbagai komplikasi. Ada berbagai komplikasi yang rentan dialami pengidap kanker usus besar, seperti:

Anemia Defisiensi Zat Besi

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: halodoc.com

Tags

Terkini

Sederet Manfaat Minum Matcha, Nomor 5 di Luar Dugaan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:20 WIB

Keren Nih, Helm Retro Modern Dirgahayu RI ke-77

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:42 WIB

Membunuh Scabies dengan Garam, Apakah Efektif?

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:04 WIB
X