5 Dampak Buruk Tidur dengan Menyalakan Kipas Angin, Jangan Dibiasakan Ya!

- Selasa, 21 Desember 2021 | 16:30 WIB
Kipas angin. (Unsplash/@delaneyvan)
Kipas angin. (Unsplash/@delaneyvan)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tidur dengan udara sejuk merupakan hal yang sangat diidamkan oleh semua orang. Apalagi masyarakat perkotaan, kipas angin menjadi salah satu alat elektronik yang wajib dimiliki oleh setiap keluarga.

Dengan adanya kipas angin, mampu memberikan sensasi sejuk untuk tubuh terlelap pulas dan menghasilkan tidur yang berkualitas. Namun jangan salah, jika kipas angin memiliki dampak buruk untuk tubuh loh jika dinyalakan sambil tidur semalaman.

Apa saja?

Melansir dari Healthline, berikut ini 5 dampak buruk yang didapat jika kamu tidur dengan menyalakan kipas angi seperti dikutip dari Indozone.id, Selasa (21/12/2021).

1. Dehidrasi dan Hipotemia

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kekuranagan cairan. Kondisi ini bisa menyebabkan hipotermia yang ditandai dengan gejala suhu tubuh menurun drastis hingga di bawah 35 derajat.

Tak heran mengapa hal ini terjadi saat tidur dengan menyalakan kipas angin. Pasalnya kipas angin menghantarkan suhu yang cukup dingin ke dalam tubuh. Akibatnya suhu tubuh pun terasa naik turun usai terpapar angin dari kipas angin.

2. Kekurangan oksigen

Tidur dengan kipas angin menyala juga kurang baik bagi kesehatan paru-paru. Pasalnya dengan menyalanya kipas angin saat tidur membuat tubuh sulit untuk mendapatkan udara segar yang mengandung oksigen dan membuat seseorang akan kesulitan bernapas.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: indozone.id

Tags

Terkini

X