Ini Rekomendasi Pangan Alami untuk Naikkan Trombosit Bila Demam Berdarah

- Rabu, 22 Desember 2021 | 15:18 WIB
Ilustrasi Demam (by:The Well)
Ilustrasi Demam (by:The Well)

HARIANHALUAN.COM – Demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang memicu penurunan kadar trombosit dalam tubuh. Penurunan kadar trombosit diikuti dengan sejumlah gejala, seperti rasa lelah berlebihan, mudah memar, dan gusi berdarah. Untuk meningkatkan kadarnya, kamu bisa mengonsumsi makanan berikut:

1. Konsumsi Makanan Tinggi Folat

Pengidap demam berdarah perlu mengonsumsi makanan tinggi folat untuk meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh. Setidaknya, orang dewasa membutuhkan 400 mikrogram (mcg) folat setiap hari, sedangkan wanita hamil membutuhkan 600 mikrogram.

Jangan konsumsi secara berlebihan, karena justru dapat menurunkan manfaat yang seharusnya didapatkan. Berikut adalah beberapa jenis makanan dengan tinggi kandungan folat:

> Sayuran berdaun hijau gelap.
> Hati sapi.
> Kacang polong dan kacang tanah.
> Sereal dengan susu.
> Alpukat.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin B12

Vitamin B12 diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Jika kadarnya terlalu rendah, kondisi tersebut memicu penurunan kadar trombosit. Seseorang di atas 14 tahun membutuhkan 2,4 mikrogram vitamin B12 setiap harinya. Sedangkan wanita hamil dan menyusui membutuhkan asupan tersebut hingga 2,8 mikrogram.

Vitamin B12 terkandung dalam produk hewani, termasuk:

> Daging sapi dan hati sapi.
> Telur.
> Susu dan produk olahannya.
> Ikan-ikanan, termasuk kerang, trout, salmon, dan tuna.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: halodoc.com

Tags

Terkini

X