Tips Rawat Kulit Masuki Usia 50 Tahun

- Kamis, 23 Desember 2021 | 20:44 WIB
Ilustrasi Gambar Kulit Cerah (BukaReview - Google.com)
Ilustrasi Gambar Kulit Cerah (BukaReview - Google.com)


HARIANHALUAN.COM - Seiring bertambah tuanya usia semakin banyak terjadi penuaan alami pada tubuh, terutama kulit. Apalagi telah memasuki usia 50 tahun.

Artinya, perlu melakukan perawatan kulit untuk menjaga agar kulit tetap sehat. Kulit cenderung mengering dan keriput karena produksi kolagen semakin melambat, sementara itu menopause membuat hormon pada tubuh berapa pada fase fluktuatif alias tidak stabil, sehingga membuat kulit menjadi lebih sensitif.

Perawatan kulit menjadi hal yang penting ibu lakukan mulai periode ini hingga seterusnya. Karena itu, ibu membutuhkan lebih dari sekadar hidrasi untuk menjaga kulit agar tetap terlihat awet muda. Produk-produk yang menggunakan bahan anti penuaan perlu dikombinasikan dengan pelembap untuk mengembalikan kekencangan kulit.

Memiliki kulit yang terlihat selalu cantik, segar, dan awet muda menjadi keinginan semua wanita, termasuk sang ibu. Meskipun tidak lagi berusia muda, tetapi kulit juga tidak harus ikut menua. Lalu, bagaimana caranya? Mudah saja, ikuti tips kecantikan kulit berikut ini.

1.Bersihkan Muka dengan Tepat
Hindari membersihkan muka dengan sabun biasa karena bisa membuat kulit menjadi semakin kering.

Pasalnya, sabun biasa tidak diformulasikan untuk wajah yang dapat mengacaukan keseimbangan pH kulit dan membuatnya terasa lebih kering. Gunakan pembersih wajah yang tepat disesuaikan dengan jenis kulit wajah. Salah penggunaan produk pembersih wajah juga bisa memicu terjadinya iritasi pada kulit.

2.Minum Lebih Banyak
Rutin mengonsumsi air putih setiap hari sesuai dengan jumlah yang dianjurkan akan membantu menghidrasi dan mencegah kulit menjadi kering. Tidak hanya itu, konsumsi air putih lebih banyak juga membantu meringankan sembelit dan mengeluarkan kotoran dari tubuh lebih cepat. Kurang minum hanya akan membuat kamu mudah dehidrasi yang berujung pada rentannya tubuh terserang penyakit.

3.Berhenti Merokok
Ingin kulit tetap cantik dan terlihat awet muda? Jangan pernah merokok, karena rokok sangat buruk untuk kulit dan gigi. Zat yang terkandung di dalam rokok menyebabkan kulit lebih mudah kering yang mengacu pada terjadinya penuaan dini. Selain itu, rokok juga bisa membuat gigi menguning, sehingga tidak hanya kulit, penampilan kamu akan terlihat semakin menua.

4.Gunakan Serum Vitamin C
Menghindari paparan sinar matahari berlebihan dianjurkan untuk melindungi kulit kamu dari bahaya kanker kulit. Namun, ada cara lain untuk membantu meminimalkan efek kerusakan akibat sinar matahari, yaitu menggunakan serum vitamin C. Vitamin ini adalah bahan antioksidan terbaik yang menghidrasi, mencerahkan, dan mengencangkan kulit. Kombinasikan dengan vitamin E dan asam ferulic untuk mendapatkan hasil maksimal.

5.Gunakan Produk Anti-aging
Jika ibu berusia di atas 50 tahun, krim dan lotion yang dijual bebas dapat membantu meningkatkan kecantikan alami dengan meremajakan kulit. Kandungan pentapeptides (senyawa kimia dalam banyak produk kecantikan) dapat membantu mendorong sel-sel kulit untuk memproduksi lebih banyak kolagen. Hal tersebut merupakan struktur pendukung yang membuat kulit tampak lebih kencang. Perawatan resep dan krim retinoid juga bisa jadi pilihan.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Halodoc.com

Tags

Terkini

Doyan Minum Kopi? Awas Penyakit Ini Menyerang

Senin, 23 Mei 2022 | 11:02 WIB
X