Tips yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Otot Jantung

- Sabtu, 25 Desember 2021 | 23:05 WIB
Ilustrasi, penyakit jantung koroner adalah salah satu penyakit yang perlu diwaspadai (Pixabay)
Ilustrasi, penyakit jantung koroner adalah salah satu penyakit yang perlu diwaspadai (Pixabay)

HARIANHALUAN.COM - Untuk membantu menjaga kesehatan otot jantung dengan menjaga pola makan dan pola hidup sehat. Berikut tips kebiasaan yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan otot jantung.

Pola Makan Sehat

Apa yang dikonsumsi memang akan mencerminkan bagaimana kesehatan nantinya, terlebih perihal kesehatan tubuh. Jadi, hal pertama yang bisa dilakukan untuk bisa menjaga kesehatan otot jantung dengan makanan yang memang baik untuk organ penting tersebut.

Contohnya, mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol rendah yang bisa membantu menjaga tekanan darah. Tidak hanya itu, ada beberapa makanan yang memang baik untuk jantung yang bisa dikonsumsi, seperti oatmeal. Jenis makanan ini kaya kandungan serat beta glucan yang memang baik untuk menurunkan kolesterol jahat.

Selain mengonsumsi oatmeal, juga bisa menjadikan salmon sebagai salah satu menu sehat. Ikan dengan rasa lezat ini sangat kaya kandungan omega-3 yang baik untuk menunjang kesehatan jantung. Jangan lupa juga mengonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin, mineral, dan antioksidan.

Olahraga Rutin

Siapa sangka, ternyata tidak aktif secara fisik akan meningkatkan risiko terserang banyak masalah kesehatan, salah satunya adalah masalah kesehatan jantung. Pasalnya, olahraga secara rutin justru bisa membuat kesehatan jantung terjaga dan menurunkan risiko tubuh terserang banyak penyakit yang berkaitan dengan jantung yang semuanya membahayakan.

Saat aktif bergerak, jantung akan memompa darah lebih banyak. Kamu bisa merasakan hal ini dari jantung yang berdetak lebih cepat selama berolahraga. Meningkatnya detak jantung ini artinya organ penting tersebut sedang aktif memasok oksigen dan berbagai nutrisi penting lain ke seluruh otot tubuh yang sedang aktif bergerak.

Inilah mengapa, orang-orang yang aktif secara fisik, misalnya mereka yang tinggal di daerah pegunungan memiliki risiko mengidap masalah kardiovaskular lebih rendah, termasuk penyakit jantung koroner. Jadi, olahraga rutin bisa membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Sudah pasti, kualitas hidup pun akan mengalami peningkatan.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Halodoc.com

Tags

Terkini

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X