Teknologi Blockchain Tingkatkan Kepercayaan Manusia Terhadap Aplikasi Berbasis 'AI'

- Senin, 27 Desember 2021 | 09:43 WIB
Ilustrasi Teknologi Blockchain dan AI
Ilustrasi Teknologi Blockchain dan AI

HARIANHALUAN.COM - Ada banyak orang yang masih skeptis terhadap teknologi AI  atau Artificial Intelligence. Meski demikian, penggunaan teknologi blockchain pada aplikasi berbasis AI mampu meningkatkan kepercayaan pengguna dengan cara memberikan transparansi dan distribusi data yang terdesentralisasi.

Komponen utama teknologi AI (kecerdasan buatan) adalah data, model, dan analitik. Ketiga komponen tersebut ada di dalam teknologi blockchain. Sehingga, penggunaan teknologi blockchain berkaitan erat dengan teknologi AI.

Penggunaan teknologi blockchain dan AI ini sedang jadi perbincangan hangat di seluruh dunia. Bahkan, sudah banyak perusahaan-perusahaan raksasa dunia yang mulai mengadopsi dua teknologi ini. 

AI menawarkan otomatisasi yang efektif dan efisien. Sementara blockchain diibaratkan sebagai buku kas digital yang bisa mempermudah proses transaksi.

Baca Juga: Mengenal Istilah Digitisasi, Digitalisasi, dan Otomatisasi di Era Industri 4.0

Permasalahan Umum AI

1. Keterbukaan

Aplikasi berbasis AI diciptakan agar adaptif dan reaktif. Sehingga, siapa pun dapat memanfaatkannya dengan baik atau malah menggunakannya untuk tujuan jahat. Oleh karena itu, banyak orang yang ragu dengan produk berbasis AI.

2. Transparansi

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: venturebeat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wah, Pengguna WhatsApp Bisa Sembunyikan Nomor HP?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:28 WIB

Ngeri! Lubang "Alien" Ditemukan di Dasar Laut

Senin, 1 Agustus 2022 | 12:35 WIB
X