Rice Cooker Bisa Sterilkan Kembali Masker Sekali Pakai? Ini Penjelasannya

- Minggu, 12 April 2020 | 11:07 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Rice cooker disebut-sebut bisa mensterilkan kembali masker wajah sekali pakai. Jadi Anda bisa tetap menggunakannya berkali-kali. Hal ini disampaikan oleh FDA Taiwan.

Masker wajah sekali pakai banyak diburu warga di berbagai negara yang terkena wabah virus Corona. Tak terkecuali Indonesia yang banyak kehabisan stok masker sekali pakai tersebut.

Banyak warga mengganti masker sekali pakai dengan masker kain yang dapat dicuci dan digunakan berkali-kali. Walaupun keefektifannya tidak seperti masker sekali pakai, namun dapat digunakan dalam meminimalisir penyebaran virus Corona di Indonesia.

Belum lama ini Badan Pengawas obat dan Makan (FDA) Taiwan menjelaskan bagaimana metode membersihkan masker sekali pakai agar dapat digunakan kembali. Dilansir dari Koreaboo (8/4), untuk membersihkan masker tersebut bisa menggunakan rice cooker yang biasa digunakan dalam menanak nasi.

Direktur Jenderal FDA Taiwan Wu Shou-mei dan Kepala Pusat Komando Epidemi Sentral (CECC), Chen Shih-chung, memberi demonstrasi penggunaan rice cooker yang dapat membersihkan masker sekali pakai tersebut. Caranya cukup mudah dan yang Anda perlukan hanyalah rice cooker saja.

Rice cooker untuk sterilkan masker sekali pakaiRice cooker untuk sterilkan masker sekali pakai Foto: Istimewa
Pertama yang Anda harus lakukan adalah memasukkan masker ke dalam rice cooker tanpa beras atau air. Lalu panaskan selama 3 menit dengan memencet tombol rice cooker jadi 'cook'. Setelah itu diamkan terlebih dahulu selama 5 menit sebelum mengeluarkannya.

Langkah ini dikatakan oleh FDA Taiwan dapat mensterilkan masker dan memungkinkannya untuk digunakan kembali. Ini bisa dilakukan untuk jenis masker sekali pakai yang baru saja dipakai. Jadi sebelum membuangnya Anda bisa memanaskannya selama beberapa menit dengan rice cooker.

Rice cooker untuk sterilkan masker sekali pakaiRice cooker untuk sterilkan masker sekali pakai Foto: Istimewa
Hal tersebut juga berlaku untuk masker kain. Metode ini dirasa lebih baik daripada menggunakan disinfektan pada masker. Karena cairan disinfektan dapat merusak lapisan elektrostatiknya.

Metode ini pun didasari sebuah penelitian yang mengungkap proses memanaskan masker dalam rice cooker dapat menjaga efisiensi penyaringan bakteri di masker sebanyak 99%. Maksimal pemanasan hingga 5 kali. Hanya saja cara ini tidak berlaku untuk masker yang dipakai pasien penderita penyakit pernafasan akut.(*)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Wah, Bawa Sampah Anorganik Bisa Ngopi di Cafe Ini

Selasa, 28 September 2021 | 23:49 WIB

Cara untuk Mengobati Patah Hati setelah Putus Cinta

Selasa, 28 September 2021 | 21:58 WIB

Ciri-Ciri Kulit Kusam dan Penyebab Utamanya

Selasa, 28 September 2021 | 21:06 WIB

Menstruasi Bisa Membuat Kulit Kusam: Mitos atau Fakta?

Selasa, 28 September 2021 | 20:27 WIB

Jenis Makanan dan Minuman yang Membuat Kulit Kusam

Selasa, 28 September 2021 | 19:52 WIB

Kapan Sebaiknya Membeli Asuransi Jiwa?

Selasa, 28 September 2021 | 18:47 WIB

Ingin Terbebas Dari Kulit Kusam? Ikuti Cara Berikut Ini!

Selasa, 28 September 2021 | 18:15 WIB

Ini Kebiasaan yang Bisa Membuat Kulit Kusam

Selasa, 28 September 2021 | 17:19 WIB

Apakah Bisa MSG Jadi Pengganti Garam? Ini Kata Ahli Gizi

Selasa, 28 September 2021 | 09:53 WIB

3 Perbedaan Proses Penuaan Manusia Berdasarkan Gender

Selasa, 28 September 2021 | 04:25 WIB

Mobil Terbang Vinata dengan Tenaga Listrik Buatan India

Selasa, 28 September 2021 | 03:20 WIB
X