Sudah Kedaluwarsa, 8 Makanan Ini Tetap Aman Dikonsumsi

- Kamis, 16 April 2020 | 09:15 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Makanan kedaluwarsa kerap kali langsung dibuang. Padahal ada beberapa makanan yang masih bisa dikonsumsi meski sudah lewat tanggal kedaluwarsa.

Setiap harinya, banyak limbah makanan yang dibuang karena telah melewati tanggal kedaluwarsa. Karenanya, para ilmuwan mencari cara agar makanan terutama yang dijual di swalayan dapat dikonsumsi semaksimal mungkin.

Perlu diingat bahwa wanita hamil, bayi, lansia dan penderita penyakit tertentu tidak boleh mengambil risiko dengan mengonsumsi makanan yang telah melewati tanggal kedaluwarsa. Namun, ternyata konsumen umum masih dapat mengonsumsi produk yang telah 'expired' karena aman.

Professor Judith Evans mengungkapkan kepada The Sun beberapa tanda bahwa makanan masih dapat dikonsumsi.

1. Telur
Umumnya telur masih dapat dikonsumsi jika disimpan dengan baik selama 3 atau 4 minggu. Untuk memeriksa kelayakannya, celupkan telur di mangkuk berisi air. Jika telur tenggelam ke dasar maka Anda aman mengonsumsinya. Telur memproduksi gas saat mulai busuk sehingga akan mengapung di air jika sudah tidak segar.

2. Keju
Banyak jenis keju yang masih aman dikonsumsi bahkan setelah melewati tanggal kedaluwarsa. Keju dengan tekstur keras masih boleh dimakan 6 minggu setelah tanggal kedaluwarsa jika disimpan di lemari pendingin. Pastikan Anda membuang bagian-bagian yang terlihat berjamur. Sementara untuk jenis keju yang lembut, seperti camembert dan brie, dapat dikonsumsi setidaknya 1 minggu setelah tanggal kedaluwarsa jika kemasannya belum dibuka.

Jika keju sudah terpapar udara, maka akan lebih cepat basi dan tidak lagi aman dimakan jika sudah ada jamur yang terlihat karena mungkin telah terpapar bakteri E.Coli.

3. Roti
Simpanlah roti di dalam freezer agar bertahan hingga 6 bulan. Jika disimpan dengan benar dalam suhu ruangan maka roti akan bertahan selama 5-7 hari setelah tanggal kedaluwarsa. Hindari menyimpan roti di lemari pendingin karena membuatnya lebih mudah basi karena proses rekristalisasi yang lebih cepat. Roti yang telah ditumbuhi jamur berwarna hitam harus segera dibuang, namun jamur berwarna biru cukup dibuang bagian jamurnya saja.

4. Kentang
Kentang yang telah melewati tanggal kedaluwarsa masih dapat dikonsumsi. Pastikan bahwa bagian dalamnya masih berwarna kecokelatan dan padat. Jika nampak sudah hijau dan berkecambah, potonglah bagian tersebut dan olah seperti biasa. Kentang yang sedikit lunak masih dapat dikonsumsi, namun rasanya sudah memudar.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

5 Rekomendasi Produk Yoghurt Terbaik untuk Diet Sehatmu

Jumat, 17 September 2021 | 19:42 WIB

Kenali Gejala Asam Urat pada Tangan

Jumat, 17 September 2021 | 10:57 WIB

7 Ide Menu Sarapan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Kamis, 16 September 2021 | 23:24 WIB

6 Jenis Menu Sehat Untuk Dikonsumsi Setelah Olahraga

Kamis, 16 September 2021 | 22:16 WIB

4 Cara Memilih Makanan Basah atau Wet Food untuk Kucing

Kamis, 16 September 2021 | 21:58 WIB

Menu Sehat yang Baik untuk Perkembangan Janin

Kamis, 16 September 2021 | 21:15 WIB

Informasi Grooming Kucing Lengkap dengan Harganya

Kamis, 16 September 2021 | 20:49 WIB
X