Sejarah di Balik Kopi Dalgona yang Kini Tengah Populer

- Kamis, 16 April 2020 | 09:40 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dalgona coffee atau kopi dalgona belakangan ini marak berseliweran di media sosial. Kopi susu dua lapis antara susu cair dengan foam kopi pekat dan gula memang tengah jadi tren sendiri.

Bentuknya yang cantik dan berbeda dari biasanya membuat banyak orang tergiur mencobanya. Cara membuat dan bahannya juga relatif mudah. Dengan bermodal alat pengocok (balloon whisk), mixer atau bahkan saringan, Anda sudah bisa menghasilkan foam kopinya.

Namun tahukah Anda bagaimana sejarah kopi dalgona?

Jenis kopi ini lahir di Korea. Dalam bahasa Korea, dalgona atau ppopgi berarti honeycomb toffee (makanan yang terbuat dari karamel dan baking powder yang dipanaskan dan membentuk seperti sarang tawon)

Bagi banyak orang Korea, dalgona membangkitkan kenangan nostalgia akan makanan gula di masa kecil.

"Ketika saya masih kecil, saya masih ingat orang-orang tua yang menjual makanan kecil ini," kata Kenny Hong Kyoung soo, pemilik Cafe Cha, salah satu kedai kopi yang mempopulerkan dalgona kopi di Seoul dikutip dari South China Morning Post.

"Saya memakannya hampir tiap hari pulang sekolah. Harganya murah, hanya gula dan air, rasanya sangat manis tapi ada rasa pahit setelahnya."

Makanan atau yang lebih tepat disebut permen ini sangat populer di Korea Selatan pada 1970 dan 1980-an, jauh sebelum gerai makanan cepat saji beroperasi di sana. Hong mengungkapkan bahwa makanan tersebut dibuat setelah perang Korea, saat itu personel Angkatan Darat AS memberikan gula-gula untuk anak-anak setempat. Namun orang tua yang tak bisa memberikan permen untuk anak-anak berusaha untuk membuat sendiri versi mereka.

Dalgona dibuat dengan mencampurkan gula dengan air dan merebusnya sampai mulai agak kuning. Kemudian baking soda ditambahkan, setelah itu campuran terurai dan karbon dioksida dilepaskan. Gula yang sudah dicairkan akan mengembang dan mengeras, menjadi ringan dan renyah.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

5 Rekomendasi Produk Yoghurt Terbaik untuk Diet Sehatmu

Jumat, 17 September 2021 | 19:42 WIB

Kenali Gejala Asam Urat pada Tangan

Jumat, 17 September 2021 | 10:57 WIB

7 Ide Menu Sarapan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Kamis, 16 September 2021 | 23:24 WIB

6 Jenis Menu Sehat Untuk Dikonsumsi Setelah Olahraga

Kamis, 16 September 2021 | 22:16 WIB

4 Cara Memilih Makanan Basah atau Wet Food untuk Kucing

Kamis, 16 September 2021 | 21:58 WIB

Menu Sehat yang Baik untuk Perkembangan Janin

Kamis, 16 September 2021 | 21:15 WIB

Informasi Grooming Kucing Lengkap dengan Harganya

Kamis, 16 September 2021 | 20:49 WIB
X