Yang Berbeda dari Program Bayi Tabung saat Pandemi Covid-19

- Minggu, 19 April 2020 | 12:47 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pandemi virus corona (SARS-CoV-2) ikut berdampak pada program bayi tabung. Klinik penyedia program bayi tabung pun putar otak agar layanan ini tetap dapat digunakan sekalipun wabah Covid-19 ini melanda.

Program bayi tabung merupakan usaha alternatif untuk mendapatkan kehamilan, bagi pasangan yang kesulitan memperoleh buah hati. Program bayi tabung dilakukan dengan pembuahan di luar rahim ibu atau in vitro fertilization (IVF).

Proses ini memerlukan serangkaian tahapan agar berhasil mencapai kehamilan dan kelahiran yang sehat. Pandemi Covid-19 membuat proses tersebut terhambat lantaran tatap muka antara dokter dan calon orang tua semakin terbatas.

Salah satu klinik penyedia layanan bayi tabung, Morula Indonesia memodifikasi program agar masih bisa berjalan selama pandemi Covid-19. Program IVF tetap dapat dilakukan dengan prosedur yang ketat.

"Paket IVF selama fase pandemik dilakukan pada kasus selektif saja," terang Presiden Direktur Morula Indonesia dokter spesialis kandungan Ivan Sini dalam konferensi pers online, Kamis (16/4).

Kasus selektif berarti, calon orang tua mesti melalui screening ketat berupa pengecekan suhu tubuh dan gejala yang muncul. Calon orang tua juga mesti mengikuti rapid test Covid-19 atau Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk membuktikan tidak terinfeksi virus corona.

Orang tua yang memenuhi persyaratan administrasi dan negatif corona bisa mengikuti program IVF di rumah atau di hotel, tergantung preferensi. Program di hotel dilakukan untuk memberikan kenyamanan pada orang tua.

Program ini bakal berlangsung selama dua pekan, lebih cepat ketimbang program bayi tabung pada waktu-waktu normal. Selama proses ini dokter akan memantau kesehatan calon orang tua melalui online.

Program yang biasanya mengharuskan calon orang tua bertemu atau tatap muka langsung dengan dokter sekali dua atau tiga hari, kini ditiadakan.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Lingkungan: Definisi, Fungsi, dan Manfaatnya

Jumat, 24 September 2021 | 23:34 WIB

Waspada Pendarahan Otak, Berikut Cara Untuk Mencegahnya

Jumat, 24 September 2021 | 12:45 WIB

Kenali Penyebab dan Gejala Pendarahan Otak

Jumat, 24 September 2021 | 12:00 WIB

5 Manfaat Makaroni untuk Kesehatan

Kamis, 23 September 2021 | 21:24 WIB
X