Sederet Manfaat Ajaib Daun Oregano, Redakan Kram Menstruasi hingga Jaga Kesehatan Jantung

- Sabtu, 1 Januari 2022 | 13:20 WIB
Oregano, ilustr.
Oregano, ilustr.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Banyak orang belum mengetahui apa itu daun oregano. Padahal, daun herbal ini memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, bahkan bisa untuk diet. Oregano terkenal dengan minyak atsirinya, yang merupakan esens yang berasal dari tanaman aromatik.

Minyak ini dikemas dengan senyawa seperti terpene, ester dan aldehida yang memiliki manfaat terapeutik yang besar. Dikutip Boldsky, menurut jurnal Molecules, oregano mengacu pada varietas tanaman dengan rasa dan bau yang serupa.

Ada sekira 61 spesies dan 17 genera tanaman yang termasuk dalam enam keluarga botani yang disebut oregano. Beberapa nama famili oregano antara lain Verbenaceae, Lamiaceae dan Rubiaceae.

Baca Juga: Kemenperin: Bioaditif BBM Minyak Atsiri Dukung Substitusi Impor

Ramuan oregano dan minyak atsiri oregano sangat penting dalam industri makanan, farmasi dan kosmetik. Minyak atsiri oregano memiliki campuran kompleks senyawa volatil yang bervariasi bergantung dari spesies oregano, lokasi geografisnya, hama, kondisi tanah, musim dan kondisi pertumbuhan lainnya.

Beberapa senyawa aktif utama dalam minyak oregano termasuk timol, carvacrol, beta-myrcene, camphene, caryophyllene, gamma-terpinene, linalool dan trans-sabinene hydrate. Berikut ini adalah manfaat kesehatan dari oregano dan minyaknya.

Meredakan kram menstruasi

Oregano memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang membantu dalam pengelolaan gangguan yang berhubungan dengan rasa sakit, termasuk kram menstruasi.

Ketika dikonsumsi atau dioleskan, senyawa aktif oregano dapat membantu mengendurkan otot-otot pencernaan, mengurangi kontraksi rahim dan dengan demikian, meredakan kram saat bepergian. Oregano juga memiliki aktivitas anti-spasmodik yang dapat membantu meredakan kejang pada panggul dan rahim.

Baca Juga: Menstruasi Bisa Membuat Kulit Kusam: Mitos atau Fakta?

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Mata Bisa Deteksi Dini Penyakit, Begini Caranya

Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:30 WIB

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X