Web 3.0, Metaverse, dan NFT 2.0 Bakal Jadi Tren Teknologi 2022

- Sabtu, 1 Januari 2022 | 05:47 WIB
Ilustrasi Web 3.0. Image Credit: google/cybermag
Ilustrasi Web 3.0. Image Credit: google/cybermag

HARIANHALUAN.COM - Tren teknologi 2022 diprediksi muncul dari segala hal yang populer di tahun sebelumnya. Seperti kita tahu, 2021 dipenuhi dengan booming teknologi baru seperti Metaverse, Web 3, Cryptocurrency, NFT, Blockchain, dan Artificial Intelligence. Maka diperkirakan tahun ini akan menjadi perjalanan yang dihiasi teknologi masa kini.

Sesuatu yang menjadi tren teknologi berasal dari hal yang disukai, dirasakan, dan dibuat oleh teknologi baru. Web 3 salah satunya. Inovasi teknologi yang satu ini erat kaitannya dengan teknologi blockchain, sistem yang juga digunakan pada Cryptocurrency dan non-fungible token (NFT).

Web 3 adalah layanan internet generasi ketiga berbasis web. Web generasi ketiga ini menggunakan filosofi egaliter dalam menandingi platform populer seperti Google. Yang menjadi pembeda, internet generasi ketiga bersifat terdesentralisasi karena menggunakan teknologi blockchain.

Baca Juga: Literature Review: Apa Itu Metaverse? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini!

Kini banyak perusahaan yang akan memasuki dunia Metaverse, realitas virtual, dan augmented reality di mana manusia bisa bermain game, bekerja, dan bersosialisasi. Metaverse adalah dunia virtual tiga dimensi yang berisi Avatar sebagai representasi manusia di sana.

Pada tahap awal, teknologi Metaverse berkembang pesat. Banyak dunia Virtual Reality, seperti Meta, membutuhkan headset. Oleh karena itu, Apple sedang bekerja keras untuk teknologi ini. Mereka akan merilis headset AR dan VR pertamanya pada tahun 2022.

Melansir dari Euro News, NFT juga meledak di tahun 2021. Tahun ini, diharapkan NFT berkembang menjadi NFT 2.0. Pada bulan November, Jaringan LTO blockchain Belanda mengungkapkan pemecahan masalah NFT saat ini, yaitu bahwa sebagian besar aset tidak dapat dimiliki sepenuhnya dan harus diperdagangkan melalui pihak ketiga.

Baca Juga: Apa Itu NFT? Berikut Sejarah dan Jenisnya

Teknologi blockchain dirancang khusus untuk menjadi sebuah sistem yang terdesentralisasi. Blockchain mampu membuat sebuah transaksi dan aset digital terlindung dengan aman. Sehingga teknologi ini banyak diadopsi oleh teknologi lain.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Chipset Ukuran 3 Nanometer Tengah Disiapkan TSMC

Jumat, 24 Juni 2022 | 21:16 WIB
X