Cek! Biaya Operasional Kendaraan Listrik Lebih Murah Lho

- Selasa, 4 Januari 2022 | 16:35 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi


HARIANHALUAN.COM - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengungkapkan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia lebih ekonomis dibandingkan dengan kendaraan konvensional atau kendaraan berpembakaran internal (internal combustion engine/ICE).

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril menjelaskan, transisi energi saat ini sangat penting dan sangat didorong, mengingat Indonesia telah berkomitmen untuk mengurangi emisi gas karbon pada perjanjian internasional Paris Agreement.

Sehingga diperlukan transisi energi yang lebih ramah lingkungan, khususnya transportasi akselerasi menggunakan kendaraan listrik.

Baca Juga: TP-PKK Agam Adakan Penilaian Lomba Ketua Dasawisma Secara Maraton

"Di mana di sisi lain biaya operasional dan kendaraan listrik ini tentu saja lebih ekonomis, lebih berwawasan lingkungan, dibandingkan dengan kendaraan internal combustion engine," ujarnya saat peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU) PLN dengan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan di Jakarta, Selasa (4/1/2022).

Lebih rinci, Bob menjelaskan dalam pemakaian sehari-hari bagi pengguna kendaraan listrik, PLN memberikan tarif penambahan daya diskon 30% yang berlaku pada pukul 10.00 hingga pukul 05.00.

"Kita siapkan seperti itu sehingga orang-orang para pemilik kendaraan listrik bisa men-charge dan diberikan diskon," jelas Bob.

Baca: Marak Kendaraan Listrik, PLN Tambah Charger SPKLU Tahun Depan
Adapun dibandingkan dengan kendaraan ICE, dimana rata-rata kendaraan ICE dalam mengeluarkan bahan bakar minyak (BBM) 1 liter untuk 10 km, setara dengan 1 kwh untuk 10 km kendaraan listrik.

Baca Juga: Wagub Audy Joinaldy Kunjungi Desa Wisata Apar Kota Pariaman

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

Doyan Minum Kopi? Awas Penyakit Ini Menyerang

Senin, 23 Mei 2022 | 11:02 WIB
X