Waspada! Ini Bahaya Gunakan WhatsApp Aero

- Rabu, 5 Januari 2022 | 11:55 WIB
Kelebihan dan kekurangan aplikasi WhatsApp Aero yang perlu Anda tahu sebelum download (Istimewa)
Kelebihan dan kekurangan aplikasi WhatsApp Aero yang perlu Anda tahu sebelum download (Istimewa)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - WhatsApp sebagai aplikasi pesan instan yang populer saat ini memiliki banyak versi aplikasinya atau kerap disebut WhatsApp MOD. Salah satu WhatsApp MOD yang sedang ramai dibahas saat ini adalah WhatsApp Aero.

Secara sederhana, aplikasi WhatsApp MOD merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga dengan memodifikasi fitur dan sistem yang ada di WhatsApp versi orisinal.

Baca Juga: 4 Fitur Baru WhatsApp Sudah Dirilis, 4 Fitur Tengah Dikembangkan

Aplikasi WhatsApp MOD juga bersifat tidak resmi, artinya aplikasi ini bukan dikeluarkan oleh pengembang asli yang dalam hal ini adalah Meta, selaku induk perusahaan WhatsApp.

Akan tetapi, pengguna Android tidak akan menemukannya di toko aplikasi Google Play Store, layaknya aplikasi Android resmi pada umumnya.

Baca Juga: Ingat! Begini Cara Mengetahui WhatsApp Disadap

Pengguna juga tidak akan menemukan WhatsApp Aero atau sejenisnya di situs resmi WhatsApp. Mengunduh atau download WhatsApp Aero hanya bisa dilakukan di situs Whats Aero, yang menyediakan APK WhatsApp Aero.

Karena tidak dikembangkan dan dikelola pihak pertama, keamanan aplikasi WhatsApp MOD seperti WhatsApp Aero tidak bisa dipastikan. Sebab, tidak ada yang akan menjamin keamanan dan kelancaran aplikasi.

Misalnya saja menggulirkan pembaruan berisi penambal celah keamanan, yang biasanya diberikan pengembang pihak pertama. Di sisi lain, WhatsApp tidak pernah memberikan otorisasi pengembangan pada aplikasi-aplikasi modifikasi seperti WhatsApp Aero.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: kompas.com

Tags

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X