Siap-Siap! Inilah Pekerjaan yang Segera Digantikan AI

- Rabu, 5 Januari 2022 | 14:11 WIB
Ilustrasi Robot AI Gantikan Pekerjaan Manusia. Image credit: pexels.com/kindelmedia (Ida Farida)
Ilustrasi Robot AI Gantikan Pekerjaan Manusia. Image credit: pexels.com/kindelmedia (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Topik mengenai artificial intelligence telah menyeruak di berbagai media populer dunia selama hampir satu dekade terakhir. Akankah robot AI menggantikan pekerjaan manusia sepenuhnya di masa depan? Artikel ini memuat sejumlah daftar pekerjaan yang akan segera digantikan AI.

Melansir dari berbagai media luar, otomatisasi cenderung menghilangkan banyak pekerjaan umum, tetapi juga diharapkan bisa menciptakan banyak pekerjaan baru dan menggantikan pekerjaan yang telah hilang. Total lapangan kerja diperkirakan akan meningkat, meskipun muncul otomatisasi di mana-mana. Jadi artikel ini tidak boleh disalahartikan sebagai peringatan akan datangnya kiamat bagi pekerjaan manusia.

Mengutip dari All Work, berikut adalah lapangan pekerjaan yang diprediksi akan tergeser oleh AI dalam waktu dekat.

Baca Juga: Apa yang Akan Terjadi Dengan Robot AI di Tahun 2022?

Pekerjaan Manufaktur

Pekerjaan pertama yang akan diotomatisasi adalah pekerjaan yang paling diformulasikan. Artinya, pekerjaan yang memerlukan pengulangan tugas yang sama berulang kali. Contohnya seperti pekerjaan manufaktur yang menciptakan produk atau barang yang diproduksi masal. Pekerjaan ini akan diotomatisasi lebih cepat daripada pekerjaan lain yang bersifat tidak berulang.

Pekerjaan manufaktur akan diotomatisasi, tetapi ini bukan akhir dari pekerjaan manufaktur. Otomatisasi di industri manufaktur akan membuat industrinya lebih aman, lebih produktif, dan memberi peluang munculnya pekerjaan dengan gaji lebih besar.

Kedokteran: Radiologi

Sementara sebagian besar pekerjaan yang akan diotomatisasi terlebih dahulu adalah pekerjaan yang umumnya melakukan tugas berulang, siapa sangka bahwa pekerjaan yang lebih kompleks juga akan segera diotomatisasi. Ahli radiologi diprediksi akan segera digantikan oleh robot AI.

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wah, Pengguna WhatsApp Bisa Sembunyikan Nomor HP?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:28 WIB

Ngeri! Lubang "Alien" Ditemukan di Dasar Laut

Senin, 1 Agustus 2022 | 12:35 WIB
X