Begini Cara Mengembalikan Chat di WhatsApp

- Rabu, 5 Januari 2022 | 14:55 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 

HARIANHALUAN.COM - WhatsApp adalah aplikasi pesan yang amat populer dan digandrungi. Salah satu aplikasi media sosial ini memungkinkan pengguna untuk bertukar pesan teks, melakukan panggilan suara dan video, hingga mengirim dokumen. Ketika chat tidak sengaja terhapus atau hilang karena ponsel dicuri, pengguna mungkin akan merasa panik.

Pasalnya, obrolan pada aplikasi WhatsApp bisa saja berisi informasi penting. Meski demikian, masalah ini dapat diatasi karena WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengembalikan riwayat chat.

Baca Juga: Indeks SPBE 2021 Kabupaten Pesisir Selatan 3,34 Peringkat 6 Tingkat Kabupaten/Kota se-Indonesia

Melansir Gadgets Now, riwayat chat WhatsApp hanya bisa dikembalikan jika pengguna telah mencadangkan obrolan terlebih dahulu. Berikut merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencadangkan obrolan :

Baca Juga: Dukung Transformasi Digital Pendidikan Tinggi, Ditjen Diktiristek Luncurkan Berbagai Fasilitas

  1. Buka aplikasi Ketuk tanda titik tiga pada sudut kanan atas di dekat opsi pencarian kemudian pilih ‘Setelan’.
  2. Pilih opsi ‘Chat’ lalu buka ‘Cadangan Chat’. Opsi ‘Cadangan Chat’’ menyediakan pilihan untuk mencadangkan obrolan di Google Drive dengan frekuensi harian, mingguan, bulanan, atau hanya ketika pengguna mengetuk ‘Cadangkan’.
  3. Pilih frekuensi cadangan obrolan yang diinginkan.
  4. Pilih akun Google yang ingin dipakai untuk membuat cadangan obrolan.
  5. Pilih mode pilihan untuk pencadangan menggunakan Wi-Fi atau data seluler.
  6. Jika ingin mencadangkan video yang dibagikan melalui Whatsapp, pilih opsi ‘Sertakan Video’.
  7. Ketuk ikon ‘Cadangkan’ berwarna hijau. Selanjutnya, WhatsApp akan mengunggah atau mencadangkan seluruh pesan melalui akun Google Drive yang telah dipilih.

Jika obrolan telah dicadangkan, berikut adalah cara untuk mengembalikan chat pada aplikasi WhatsApp :

  1. Install versi terbaru WhatsApp. Jika aplikasi tersebut sudah terpasang pada perangkat, hapus versi lama kemudian install kembali. Setelah instalasi selesai, izinkan WhatsApp untuk mengakses kontak, foto, media dan file di perangkat.
  2. Verifikasi nomor telepon dengan memasukkan kode verivikasi 6 digit yang dikirimkan melalui SMA. Untuk itu, ijinkan WhatsApp untuk mengirim dan melihat pesan SMS.
  3. Setelah nomor terverifikasi, layar akan menampilkan tulisan ‘Pulihkan Cadangan’. Pastikan bahwa akun Google yang dipilih untuk mencadangkan chat telah terhubung dengan perangkat lalu ketuk ‘Pulihkan’.
  4. Ketuk ‘Selanjutnya’.
  5. Pada jendela ‘Info Profil’, ketikkan nama.
  6. Tunggu sampai proses inisialisasi selesai. Layar berikutnya yang akan terbuka adalah layar obrolan WhatsAppdengan seluruh chat yang dipulihkan. (*)

 

Editor: Heldi Satria

Sumber: tempo.id

Tags

Terkini

Normalkah Ukuran Mr P Anda? Cek di Sini!

Senin, 16 Mei 2022 | 14:20 WIB
X