Headset Virtual Reality EaseVRx Bisa Ringankan Nyeri Kronis

- Kamis, 6 Januari 2022 | 16:43 WIB
Ilustrasi Headset Virtual Reality EaseVRx Digunakan untuk Pengobatan Pada Penderita Sakit Kronis. Image credit: easevrx.com (Ida Farida)
Ilustrasi Headset Virtual Reality EaseVRx Digunakan untuk Pengobatan Pada Penderita Sakit Kronis. Image credit: easevrx.com (Ida Farida)

HARIANHALUAN.COM - Para Ahli di Amerika Serikat mengatakan Headset Virtual Reality (VR) jenis terbaru, EaseVRx Headset, bisa mengurangi rasa nyeri kronis. Studi ini dilakukan melalui metode penyembuhan Cognitive Behavior Therapy (CBT) pada orang dewasa. Penasaran bagaimana cara kerjanya alat ini?

Melansir dari Healthline, sekitar 50 juta orang dewasa di Amerika Serikat hidup dengan rasa nyeri kronis. Oleh karena itu, pengobatan seperti obat-obatan dan terapi perilaku kognitif pun ditempuh oleh sejumlah orang untuk meringankan rasa sakitnya. 

Melalui salah satu metode pengobatan di atas, Headset Virtual Reality terobosan baru dengan merek EaseVRx Headset, digunakan dalam proses terapi CBT.

Tak hanya itu, Food and Drug Administration (FDA) AS telah menyetujui perangkat itu untuk digunakan pada pengobatan orang dengan nyeri yang kronis. EaseVRx Headset ini adalah yang pertama dan satu-satunya mendapat izin FDA.

Baca Juga: Provider Indosat dan Tri Resmi Merger Jadi 'Indosat Ooredoo Hutchison'

Apa itu EaseVRx Headset?

EaseVRx merupakan headset VR yang menggunakan teknik seperti terapi perilaku kognitif. Fungsinya untuk membantu mengurangi rasa sakit pada orang dewasa. Sedangkan Virtual Reality adalah teknologi yang dihasilkan komputer dengan pemandangan dan objek yang tampak nyata.

Penggunaan EaseVRx yaitu sebagai sistem realitas virtual imersif untuk  pengobatan tambahan. Sehingga digunakan sebagai alat terapi CBT  pada pasien usia 18 tahun dan lebih tua. Penelitian ini sendiri dilakukan pada pasien dengan diagnosis nyeri punggung bawah kronis.

Cara Penggunaan

Halaman:

Editor: Ida Farida

Sumber: healthline.com, easevrx.com, fda.gov

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wah, Pengguna WhatsApp Bisa Sembunyikan Nomor HP?

Jumat, 12 Agustus 2022 | 12:28 WIB

Ngeri! Lubang "Alien" Ditemukan di Dasar Laut

Senin, 1 Agustus 2022 | 12:35 WIB
X