Kegiatan Sederhana Ini Bisa jadi Terapi untuk Hilangkan Stres

Administrator
- Selasa, 23 Juni 2020 | 07:22 WIB

HARIANHALUAN.COM - Secangkir kopi di pagi hari, hingga membuka media sosial di malam hari sebelum tidur mungkin dapat menjadi salah satu cara menghilangkan stress. Tak terkecuali dengan menonton acara realitas di televisi yang Anda sempatkan setiap harinya meski hanya selama satu jam.

Tetapi, seberapa sering Anda menyisihkan waktu untuk melakukan kegiatan yang menghilangkan stress tersebut. Bahkan, meski hanya sebentar, terkadang seseorang kesulitan meluangkan waktu setiap harinya karena berbagai alasan.

Bagaimanapun, kegiatan yang membuat Anda bisa merasa santai dan menghilangkan stress dari aktivitas yang dilakukan sehari-hari harus dilakukan. Dilansir Lives Strong, Selasa (22/6), cobalah untuk melakukan apa yang juga bisa disebut sebagai 'terapi harian' meski hanya selama lima menit seperti berikut :

Pikiran Baru
Cobalah untuk membayangkan bahwa Anda sedang berada dalam sebuah pikiran yang benar-benar baru. Ini adalah salah satu praktek yang disebut 'mindfulness' dan diyakini bisa membantu Anda merasa tenang.

"Berpura-puralah bahwa Anda adalah alien atau orang asing yang datang ke Bumi untuk pertama kali atau bayangkan saat Anda diminta untuk mendeskripsikan sesuatu yang belum pernah Anda lihat sebelumnya," ujar Milica Popovic, seorang terapis trauma di Compass Health Center di Chicago, Amerika Serikat (AS).

Menyerukan perhatian yang begitu cermat pada perincian pengaturan dan benda-benda di sekitar Anda dapat membantu menjauhkan pikiran Anda dari tekanan yang Anda rasakan. Pada akhirnya, ini dapat membantu Anda merasa lebih membumi di saat saat ini, katanya.

Jadwalkan Waktu Luang
Mengatur waktu luang dapat membantu Anda menghilangkan stres. Meski hanya di pagi atau malam hari, secara aktif menjadwalkan ini adalah kebiasaan yang baik.

Seperti halnya Anda mengatur pertemuan di kalender atau telepon, sertakan waktu luang ini untuk memikirkan apa pun yang membuat Anda santai. Aimee Daramus, seorang psikolog mengatakan selalu melaungkan sedikit waktu, bahkan sekalipun itu hanya untuk melakukan kegiatan tidak jelas seperti memikirkan sesuatu apapun yang sedang diinginkan.

"ini menyenangkan dan mengingatkan saya bahwa waktu non-produktif sekalipun masih menjadi waktu yang kreatif dan berharga," jelas Daramus.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Mengenali Penyebab dan Resiko Terjadinya Kanker Mulut

Selasa, 7 Desember 2021 | 02:45 WIB

Kabar Duka! Anak Tino Karno Meninggal

Selasa, 7 Desember 2021 | 00:54 WIB

10 Ide Kado Bermakna dan Unik di Hari Natal 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 21:09 WIB

Era 5G, Inilah Masa Depan yang Perlu Kamu Ketahui

Senin, 6 Desember 2021 | 18:15 WIB

Cara Mengatur Spasi di Word, Mudah dan Cepat

Senin, 6 Desember 2021 | 13:45 WIB

10 Ide Hampers Terbaik dan Terbaru untuk Natal 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 12:14 WIB
X