Waktu Salat Tobat, Bacaan Niat dan Doa Setelahnya

- Jumat, 14 Januari 2022 | 15:44 WIB
Ilustrasi doa setelah salat tobat
Ilustrasi doa setelah salat tobat

Salat tobat adalah salat sunah dijalankan ketika seseorang yang telah berbuat dosa maupun bersalah atas masa lalunya, lalu orang tersebut ingin bertobat kepada Allah Swt. dan mendekatkan diri kepada-Nya. Sebagai manusia biasa, tentu umat muslim pernah melakukan kekhilafan baik pada diri sendiri maupun orang lain. Maka dari itu, sebaik-baiknya pendosa, merekalah yang segera bertobat kepada Allah Swt.

Waktu salah tobat termasuk fleksibel, kecuali waktu yang diharamkan untuk salat. Sehingga, seseorang dapat melakukan salat tobat kapan pun dan di mana pun, kecuali selepas Subuh dan selepas Ashar.

Meski begitu, waktu salat tobat yang paling tepat adalah setelah waktu qiamullail, atau seseorang dapat bangun pada 2/3 malam untuk beribadah kepada Allah Swt. Selanjutnya, seseorang yang telah bertobat juga harus menjalankan amalan baik, antara lain salat fardu dan sunah.

Memang, tidak ada penjelasan khusus mengenai rakaat salat tobat dengan detail. Namun menurut sebagian besar ulama, salat tobat dapat dilakukan sebanyak 2 rakaat, 4, atau bahkan 6 rakaat. Pelaksanaan salat tobat 2 rakaat pun sama seperti salat-salat sunah yang lain. Bacaan dalam salat tobat tidak ditentukan, sehingga seseorang dapat membaca surat Al Quran apa pun yang dikehendaki.

Bertobat adalah ikhlas menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan dan bertekad di dalam hati untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut, serta memohon ampunan dari Allah Swt. Salat tobat juga dapat dilaksanakan dengan beberapa syarat, antara lain benar-benar menyesal, meninggalkan dosa tersebut, serta memulangkan kembali barang yang dicuri.

Perlu diketahui, dalam salat tobat, bacaan iftitah hukumnya adalah sunah hai’ah sehingga salat tobat tetap sah apabila bacaan iftitah ditinggalkan dan memperoleh pahala jikapun dibaca. Sementara, bacaan sujud akhir pada salat tobat adalah doa Nabi Yunus as., dan bacaan tersebut tidak wajib pula dilakukan pada salat tobat. Namun, surat Al Fatihah merupakan bagian dari rukun salat sehingga wajib dibaca dalam salat tobat.

Bacaan Niat Salat Tobat

Niat salat tobat

Ushollii sunnatat taubati rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Resep Kue Putu, Cocok Disantap Saat Hujan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:22 WIB

Ini 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:22 WIB
X