Cappucino, Cafe Latte, Flat White dan Macchiato, Apa Sih Bedanya?

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 21:15 WIB
Ilustrasi Cappucino. (Emily Hlavac Green/Pinterest )
Ilustrasi Cappucino. (Emily Hlavac Green/Pinterest )

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menu minuman berbahan dasar espresso selalu menjadi favorit masyarakat. Minuman cappuccino, latte, macchiato, dan sejenisnya tidak pernah absen dari daftar menu jika kita mlipir ke kedai-kedai kopi mulai yang dipinggir jalan hingga ke mal-mal besar.

Seperti dikutip dari Republika.co.id, Sabtu (15/1/2022), minuman berbahan dasar dari espresso atau espresso based memang digemari masyarakat karena mempunyai rasa yang manis dan tidak 'seberat' meminum espresso atau americano dan long black. Tetapi, mungkin masih ada yang salah mengira jika Cappuccino dan Latte itu sama. Ya, memang secara penampilan kedua minuman ini nyaris sama, terlebih jika kita memesan dalam kondisi dingin dan diminum untuk take away. Namun, sebenarnya kedua menu ini berbeda.

Baca Juga: Nongkrong Asik Tak Harus Mewah Ala Warung Street Coffe

Sebelum membahas apa perbedaannya, mungkin kita harus tahu dulu apa persamaan dari dua menu tersebut. Persamaan antara cappuccino dan latte adalah dari bahan pembuatnya yang terdiri dari espresso dan susu. Lalu apa perbedaannya? yang membedakan adalah perbandingan susu dan foam susu yang digunakan.

Cappucino

Cappuccino merupakan minuman khas dari Italia. Biasanya warga negeri Pizza itu meminum Cappuccino saat sarapan. Nama Cappuccino sendiri sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kopi, tetapi merujuk pada biarawan Capuchin. Kala itu, biarawan Capuchin biasa mengenakan jubah bertudung dengan warna coklat, nah dari situlah nama Cappuccino diambil, yang memang warna minuman ini juga coklat.

Baca Juga: Minuman Kekinian! Yuk Buat Dalgona Latte Rasa Kopi dan Varian Lainnya

Cappuccino dibuat dari single atau double shot espresso yang dicampur dengan 130-150 ml susu. Sebelum dicampur, susu terlebih dulu di steam dengan suhu 60-65 derajat celcius. Susu disteam hingga mengeluarkan foam yang tebal. Setelah itu, susu dituangkan dalam cangkir berisi espresso, dengan foam susu tebal dibagian atasnya.

Kemudian biasanya ditambah serbuk coklat atau kayu manis di atas foam susu. Secara gampang, dalam satu cangkir Cappucino bisa dibagi menjadi 3 bagian. 1/3 bagian espresso, 1/3 bagian susu dan 1/3 bagian foam susu. Cappucino mempunyai rasa kopi yang masih cukup kuat, karena campuran susu yang tidak terlalu banyak, sehingga cocok diminum untuk pagi hari.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doyan Minum Kopi? Awas Penyakit Ini Menyerang

Senin, 23 Mei 2022 | 11:02 WIB
X